Mobil Wuling Murah, Suzuki Ogah Bawa Karimun ke 'Mak Erot'

Suzuki New Karimun Wagon R.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Harga Wuling Confero yang beberapa waktu lalu diumumkan memang membuat geger. Bagaimana tidak, mobil yang akan bersaing di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) ini dibanderol hanya Rp128,8 juta sampai Rp162,9 juta.

Terpopuler: 10 Mobil Listrik Terlaris, Kendaraan Ini Bikin Indonesia Jadi Sorotan

Menariknya, desain MPV asal China ini sekilas mirip minivan. Selain itu, fitur-fitur yang tertanam juga termasuk lengkap dibanding kompetitornya. Faktor harga dan fitur ini yang diklaim akan menjadi ‘senjata’ Wuling Confero menebar ancaman.

Salah satu yang terancam tentu APV dan Ertiga milik Suzuki. Namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencoba tak ambil pusing. Ertiga masih akan tetap menjadi tumpuan Suzuki berebut pasar MPV di tanah air.

Ini yang Bikin Wuling BinguoEV Jadi Sorotan di Indonesia

“Kita coba fight dengan facelift penambahan warna baru, lalu juga functional yang kita tambahin di tipe GL, sistem audio kita coba berusaha di titik itu," ujar Harold Donnel, Section Head 4 Wheel Product Development PT SIS di Bogor, Jawa Barat.

Menurut Harold sendiri, mobil yang memiliki dua baris memang akan semakin tergerus dengan mobil tiga baris. Namun hal itu tak menyurutkan Suzuki untuk lebih serius menggarap mobil 5 penumpang.

Terpopuler: Bengkel Hino Terima Uji KIR, Canter Bus Jadi Andalan Mitsubishi Fuso

Lalu apakah ada rencana untuk menjadikan Karimun menjadi tujuh penumpang?

"Kita lebih memilih untuk menciptakan genre baru dengan Ignis ketimbang kita harus meng ‘Mak Erot’ kan si Karimun itu. Tujuh penumpang enggak main tapi kita main 5 penumpang yang memiliki desain revolusioner jadi lebih pede karena DNA kita mobil kompak," katanya.

“Ada strategi produk dari Suzuki yang kami lebih percaya Suzuki DNA-nya kendaraan kecil itu yang coba dijagain prinsipal oleh kita. Kita bakal bertarung di kendaraan kecil," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya