Ternyata Helm Pengemudi Motor dan Mobil Itu Berbeda

Ilustrasi helm bagi pengemudi mobil
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pelindung kepala atau helm umumnya dipakai pengendara sepeda motor. Namun tak banyak yang mengetahui jika helm juga banyak digunakan ketika mengemudikan mobil terutama dalam ajang balap.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Sales and Distribution Arai Indonesia (Cargloss Group) Eric Yusup mengatakan, car helmet umum memang digunakan untuk balap mobil. Tentu fungsinya sama-sama untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi hal yang tak diinginkan.

"Biasanya untuk balapan mobil kaya Nascar, terus Touring Car, sama Gokart juga," kata Eric di sela pelucuran website Arai Indonesia di Senayan, Jakarta, selasa 8 Agustus 2017.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Lantas apa perbedaan helm mobil dan motor? Eric mengatakan, perbedaan keduanya mulai dari regulasi hingga harga yang ditawarkan.

Untuk regulasi, helm mobil mengikuti standar FIA, sementara helm motor biasanya Snell 2015. Desain helm mobil dan sepeda motor juga memiliki perbedaan pada kaca atau visornya.

Helm SNI Palsu Bisa Dikenali dari Fisiknya, Ini yang Perlu Dicek

"Untuk desain, helm mobil visornya lebih kecil dan bagian dagunya lebih besar. Kalau untuk helm motor kebalikannya, visornya lebih besar dan bagian dagunya lebih kecil. Harga juga beda, helm motor kan Rp6 juta ke atas, sementara helm mobil mulai dari Rp8 juta," kata Eric.

Soal pemakaian, kata Eric, tentunya memiliki perbedaan lantaran desainnya tak sama. "Kalau helm mobil dipakai untuk naik motor biasanya ada beda di masalah fokus sama visualnya aja. Sisanya sama sih," kata dia.

Ilustrasi helm motor

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Helm motor dengan status SNI wajib digunakan oleh pengendara, dan agar nyaman maka ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022