Soal Mobil Listrik, Pemerintah Janji Beri Kemudahan

Jusuf Kalla saat menghadiri pameran GIIAS 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Pemerintah menjamin bakal memberi kemudahan bagi tiap produsen kendaraan bermotor yang memproduksi mobil bertenaga listrik. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, kemudahan itu salah satunya berbentuk regulasi.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

"Pemerintah akan memberi kemudahan dan tentu juga aturan-aturan yang baik untuk mobil listrik," kata Kalla di ICE BSD, Tangerang, Jumat 11 Agustus 2017.

Kalla mengatakan pemerintah bakal menyiapkan infrastruktur untuk mendorong produsen menciptakan mobil ramah lingkungan itu. Salah satu yang akan dilakukan adalah menyediakan sumber listrik. "Tentu dibutuhkan lagi penyediaan tenaga listrik yang banyak. Jangan khawatir karena tiap lima tahun pemerintah setidak-tidaknya akan membangun (pembangkit listrik) 35 ribu megawatt," ujarnya menambahkan.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Dia menyadari kendala produsen kendaraan bermotor dalam menciptakan mobil listrik adalah terkait infrastuktur pengisian energi listrik. Apalagi kebutuhan sumber listrik akan semakin meningkat.

"Jadi nanti apabila ini terlaksana pada 10 tahun yang akan datang seperti target 20 persen mobil listrik, maka di Indonesia nanti tidak ada lagi peak hour-nya, semuanya peak, malam hari juga sampai subuh akan peak, karena adanya charger mobil jutaan di seluruh Indonesia," kata dia.

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024
Presiden Jokowi tinjau jalan rusak di Lampung naik mobil Indonesia 1

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo dan Gibran bakal berdinas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Apakah pakai mobil dinas listrik nantinya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024