Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 13 Agustus 2017 | 08:29 WIB
  • Membeludak, Pembeli Suzuki Jimny Diseleksi

  • Oleh
    • Siti Ruqoyah,
    • Yunisa Herawati
Membeludak, Pembeli Suzuki Jimny Diseleksi
Photo :
  • VIVA.co.id / Yunisa Herawati
Jimny Suzuki generasi ketiga

VIVA.co.id – PT Suzuki Indomobil Sales akhirnya meluncurkan mobil off-road legendarisnya, Jimny terbaru di Tanah Air. Jimny generasi ketiga itu dihadirkan dalam gelaran otomotif GIIAS di ICE, BSD, Tangerang, Sabtu 12 Agustus 2017.

Sebenarnya Jimny generasi ketiga itu telah diperkenalkan pada pameran GIIAS 2016 lalu. Namun SIS meluncurkan secara resmi pada perhelatan bertaraf internasional tahun ini.

Direktur Pemasaran SIS, Donny Saputra mengaku bangga lantaran mobil ini mendapat respons positif dari masyarakat. Hal ini dibuktikan banyaknya permintaan terhadap jip mini ini.

"Kami telah membuka inden yang hanya 88 unit, tapi ternyata permintaan masyarakat sangat di luar ekspektasi kami. Sudah ludes. Hitungan kami setelah buka inden lebih 200 unit pemesanan. Bahkan ada lima unit tambahan lagi di GIIAS," kata Donny.

Dia mengatakan, lantaran tingginya permintaan terhadap Jimny terbaru ini, pihaknya terpaksa melakukan seleksi terhadap calon pembelinya. Jadi tiap satu pembeli, hanya bisa membeli satu unit Jimny. Sehingga pemasaran di daerah tersebar secara merata.

"Jadi kemungkinan semua unit dikirim ke konsumen pada September. Kami harap akhir Agustus ini barang sudah diterima dan kami akan lakukan cek internal. Setelah itu dikirim ke diler lalu ke konsumen," kata dia.

Suzuki pertama kali menghadirkan Jimny di Indonesia pada 1979 dengan Jimny LJ-50 4x4. Kemudian memperkenalkan Jimny LJ-80 4x4 dengan kapasitas mesin lebih besar berukuran 4 silinder dari 1.000 cc sampai 1.300 cc dengan variasi Jimny Sierra ke Jimny Samurai.

Jimny terbaru didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Jepang dan ditawarkan dengan harga Rp285 juta untuk tipe A/T dengan harga on the road Jabodetabek. Terdapat dua pilihan warna yakni Superior White dan Bluish Black 3.

Jimny terbaru ini dilengkapi desain lampu yang lebih besar, guard splash yang lebar dan ban 205/70 R15, serta Rail Roof Rack, serta ban cadangan yang membawa  karakter kuat SUV yang fungsional dan praktis.

Tersedia dengan transmisi otomatis sehingga memberikan kepraktisan dan kemudahan bagi pengemudi, sedangkan sistem penggerak bisa dilakukan dengan tombol yang terdeteksi melalui indikator pada panel instrumen.

Ditunjang dengan mesin empat silinder DOHC berkode M13A berkapasitas 1.328 cc dengan VVT 16 katup. Diameter ruang bakar tepatnya 78 mm dan langkah piston 69,5 mm dengan rasio kompresi 9,5:1. Jimny menghadirkan 82 PS pada 5.500 rpm, sedangkan torsi 110 Nm pada 4.500 rpm untuk memberikan performa yang handal. (mus)