Bedah Fitur Voxy, Toyota Alphard Versi Murah

Baby Alphard, New Toyota Voxy
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Pasar mobil keluarga kelas mewah di Indonesia kedatangan satu model baru, Toyota Voxy. Mobil ini digadang-gadang bakal menjadi pesaing Nissan Serena dan Honda Odyssey.

Terpopuler Otomotif: Daftar Mobil MPV Mewah Terlaris, Angkot Lawan Arus Digeber Lamborghini

Resmi diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Voxy ditawarkan dalam satu model saja, namun ada tiga warna pilihan, yakni hitam metalik, hitam dan putih. Banderolnya Rp446 juta.

Menurut komentar beberapa penunjung GIIAS yang melihat-lihat Voxy, mobil tersebut seolah-olah menjadi varian mini dari mobil keluarga Toyota versi termewah, yakni Alphard.

Terpopuler Indonesia: 10 Mobil Paling Laku di Indonesia, Toyota Voxy vs Innova Zenix Hybrid

Hal ini bisa dimengerti, melihat dari desain serta fitur yang ditawarkan memang mengarah pada konsep sebuah mobil keluarga yang nyaman untuk bepergian jauh.

Secara eksterior, Voxy tidak beda dengan mobil-mobil yang masuk dalam kategori upper multi purpose vehicle (MPV). Desainnya kotak guna memaksimalkan ukuran kabin yang luas.

Toyota Voxy vs Innova Zenix Hybrid: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Baby Alphard, New Toyota Voxy

Toyota Voxy (Foto: VIVA.co.id/Ali Wafa)

Bagian depan Voxy dibekali dengan grille horizontal dan bumper tinggi. Lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED. Meski ukurannya kecil, namun tingkat pencahayaannya lebih dari cukup untuk memandu pengemudi saat berkendara di malam hari.

Pintu samping model geser sudah dibekali dengan sistem elektrik. Sayangnya, hal itu tidak ada di pintu bagasi. Padahal, ukuran pintu bagasi cukup besar dan lumayan berat.

Karena harganya hanya setengah dari Alphard, tentu interior Voxy tidak terlalu mewah. Pengaturan jok masih berbasis manual, namun kursi di baris kedua dapat digeser ke kiri dan kanan. Ruang kaki yang ditawarkan lebih dari cukup untuk perjalanan panjang.

Interior Toyota Voxy.

Interior Toyota Voxy (Foto: Toyota)

Pelapis dasbor dan pintu terbuat dari material standar yang biasa ada di mobil-mobil kelas Rp400-500 jutaan. Pengaturan suhu kabin ada di bagian tengah dasbor, berdekatan dengan tuas transmisi.

Voxy juga telah dilengkapi dengan cruise control, sehingga pengemudi bisa melintas di jalan tol dengan santai. Bila digunakan dengan benar, fitur ini juga bisa membuat pemakaian bahan bakar menjadi sedikit lebih irit.

Toyota menyediakan dua sunroof pada mobil ini. Tapi, yang di bagian depan hanya bisa dibuka ke atas secara manual. Sementara, sunroof yang tengah diatur secara elektrik melalui tombol yang ada di atas baris kedua.

Interior Toyota Voxy.

Interior Toyota Voxy (Foto: Toyota)

Mobil ini berkapasitas tujuh penumpang. Jok bari ketiga dilipat ke samping, sehingga lantai bisa rata jika ingin membawa barang berukuran besar.

Dengan panjang 4,7 meter, lebar 1,7 meter dan tinggi 1,8 meter, mobil ini tidak bisa dikatakan mungil. Meski demikian, Toyota hanya memasang mesin empat silinder berkapasitas 2.000 cc dengan transmisi otomatis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya