Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 21 Agustus 2017 | 17:14 WIB
  • Xpander Cuma Butuh 10 Hari Tempel Penjualan Avanza Sebulan

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Xpander Cuma Butuh 10 Hari Tempel Penjualan Avanza Sebulan
Photo :
  • VIVA.co.id/Dian Tami
Mitsubishi Xpander meluncur resmi di GIIAS 2017. Ilustrasi.

VIVA.co.id – Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2017 yang baru saja selesai diselenggarakan sepertinya menjadi waktu yang tepat bagi Mitsubishi "unjuk taring" memperkenalkan produk barunya Xpander.

Mobil keluarga bercita rasa SUV itu seakan menjadi magnet baru, karena sukses menyita perhatian publik, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Tak heran, jika kini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia sudah terlihat "kipas-kipas" menikmati panen penjualan.

Sebab, meski baru 10 hari meluncur, namun mereka mencatat sudah berhasil menjual Xpander sebanyak 7.489 unit secara nasional. Data ini berlaku per 20 Agustus 2017. Sementara itu, untuk momentum GIIAS saja, Mitsubishi berhasil menjual Xpander sebanyak 5.281 unit.

Dalam keterangan resminya kepada media massa, Mitsubishi menyatakan, selama di GIIAS MMKSI membukukan angka pesanan kendaraan (SPK) mencapai 6.374 unit. Pencapaian ini melebihi target yang ditetapkan di awal pameran, yakni 3.150 unit. Angka ini juga melampaui pencapaian SPK tahun lalu di pameran yang sama yakni 1.917 unit.

Secara rinci, pesanan didominasi oleh model terbaru Mitsubishi Xpander sebanyak 5.281 unit, Pajero Sport 871 unit, Mirage 85 unit, Outlander Sport 49 unit, Delica tujuh unit, dan Triton 81 unit. 

Yang paling menarik adalah data penjualan Avanza per Juli 2017 yang baru saja dirilis. Meski masih bertengger di posisi pertama kelas low multi purpose vehicle (LMPV), namun penjualan 9.100 unit dalam sebulan yang dicatat Avanza seakan menempel dekat dengan hasil penjualan Xpander selama 10 hari dengan capaian 7.489 unit.

Angka persaingan keduanya, tentu baru bisa dibuktikan lewat data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan depan (per Agustus 2017).

Apakah benar-benar Xpander sukses menumbangkan kedigdayaan Avanza, atau hanya sekadar euforia sesaat. Memang terlalu pagi untuk mengatakan Xpander siap mengalahkan Avanza di pasaran, bercermin hasil penjualan sebulan pertama debut. Kita tunggu ke depan. (asp)