Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 22 Agustus 2017 | 09:50 WIB
  • Kompetitor Punya Model Baru Bagus, Toyota Merasa Tertantang

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Kompetitor Punya Model Baru Bagus, Toyota Merasa Tertantang
Photo :
  • Dok
Toyota Avanza.

VIVA.co.id – Beragam model dan jenis kendaraan dijual di Indonesia. Di segmen mobil penumpang, jenis multi purpose vehicle (MPV) atau akrab disebut mobil keluarga menjadi paling disukai masyarakat. 

Alasannya kapasitas angkut orang dan penumpang yang besar, mesin juga tak besar sehingga efisien dalam konsumsi bahan bakar, serta kemampuan menerobos beragam kondisi jalan.

Meski sangat disukai konsumen, Bob Azam selaku Direktur Administrasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan produsen ketika ingin menjual MPV. "Pertama lihat konsumen seperti apa, konsumen bukan hanya domestik, tetapi juga konsumen ekspor. Biar bagaimana pun kami kan butuh volume," kata Bob di Jakarta.

Kedua, kata Bob, isu emisi kendaraan yang sedang ramai dibicarakan. Mobil keluarga juga nantinya harus dirancang agar bisa memenuhi standar emisi yang berlaku, baik di Indonesia, maupun saat kendaraan akan dikirim ke luar negeri. Sementara hal ketiga yang harus diperhatikan produsen mobil, kata Bob, infrastruktur tempat mobil keluarga itu akan dijual. Kondisi jalanan yang tidak semuanya mulus, jelas membuat mobil ini tetap digemari.

Bob mengatakan, ketiga hal tersebut bisa menjadi alasan mobil keluarga akan terus berkembang dan didesain untuk mengikuti kebutuhan konsumen. Tak heran jika banyak produsen mobil juga mulai berlomba memproduksi berbagai mobil keluarga.

"Ada (kompetitor) model dan merek baru bagus. Ini membuat kami berlomba-lomba menyenangkan konsumen, berlomba-berlomba dalam kebaikan," kata dia.

"Jadi memang, pasar ini terbuka ini, penuh kompetisi, ini juga dalam rangka untuk menyenangkan konsumen. Jadi konsumen yang diuntungkan. Kami sebagai produsen mobil juga harus saling menguatkan inovasi, bekerja keras," ujar Bob.