Kompetitor Punya Model Baru Bagus, Toyota Merasa Tertantang

Toyota Avanza.
Sumber :
  • Dok

VIVA.co.id – Beragam model dan jenis kendaraan dijual di Indonesia. Di segmen mobil penumpang, jenis multi purpose vehicle (MPV) atau akrab disebut mobil keluarga menjadi paling disukai masyarakat. 

Armada Taksi Baru Bluebird Lebih Nyaman

Alasannya kapasitas angkut orang dan penumpang yang besar, mesin juga tak besar sehingga efisien dalam konsumsi bahan bakar, serta kemampuan menerobos beragam kondisi jalan.

Meski sangat disukai konsumen, Bob Azam selaku Direktur Administrasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan produsen ketika ingin menjual MPV. "Pertama lihat konsumen seperti apa, konsumen bukan hanya domestik, tetapi juga konsumen ekspor. Biar bagaimana pun kami kan butuh volume," kata Bob di Jakarta.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Kedua, kata Bob, isu emisi kendaraan yang sedang ramai dibicarakan. Mobil keluarga juga nantinya harus dirancang agar bisa memenuhi standar emisi yang berlaku, baik di Indonesia, maupun saat kendaraan akan dikirim ke luar negeri. Sementara hal ketiga yang harus diperhatikan produsen mobil, kata Bob, infrastruktur tempat mobil keluarga itu akan dijual. Kondisi jalanan yang tidak semuanya mulus, jelas membuat mobil ini tetap digemari.

Bob mengatakan, ketiga hal tersebut bisa menjadi alasan mobil keluarga akan terus berkembang dan didesain untuk mengikuti kebutuhan konsumen. Tak heran jika banyak produsen mobil juga mulai berlomba memproduksi berbagai mobil keluarga.

Top Otomotif: Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander 2023, Mercedes-Benz Recall 1 Mobil Saja

"Ada (kompetitor) model dan merek baru bagus. Ini membuat kami berlomba-lomba menyenangkan konsumen, berlomba-berlomba dalam kebaikan," kata dia.

"Jadi memang, pasar ini terbuka ini, penuh kompetisi, ini juga dalam rangka untuk menyenangkan konsumen. Jadi konsumen yang diuntungkan. Kami sebagai produsen mobil juga harus saling menguatkan inovasi, bekerja keras," ujar Bob.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Ban serep, juga dikenal sebagai ban cadangan atau ban pengganti yang sangat dibutuhkan dan memiliki peran penting untuk keadaan darurat seperti saat ban utama mengalami k

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024