Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 30 Agustus 2017 | 15:58 WIB
  • Dekat Jakarta, Kenapa Mobil Palembang Lebih Mahal dari Medan

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Hadi Suprapto
Dekat Jakarta, Kenapa Mobil Palembang Lebih Mahal dari Medan
Photo :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto
Peluncuran Xpander di Palembang, Rabu (30/8).

VIVA.co.id – Mitsubishi baru saja meluncurkan Xpander di Palembang. Peluncuran dilakukan selang dua pekan dari debut di Jakarta dan Medan.

Setelah peluncuran, harga mobil keluarga baru ini terpampang jelas harganya. Namun yang mengejutkan, harga Xpander di Palembang terpaut Rp1 juta lebih mahal dari Medan, serta selisih Rp8 juta lebih mahal dibandingkan Jakarta.

Lalu kenapa lebih mahal, padahal dari jarak Jakarta-Medan lebih jauh dibandingkan Jakarta-Palembang? 

"Memang ongkos transportasi lebih murah (Palembang) dibandingkan ke Medan, tapi ada faktor lain yang menentukan harga," kata Ekianto Tellis, Vice President PT Lautan Berlian Utama Motor --diler resmi Mitsubishi di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, di sela Mitsubishi Motors Special Exhibition yang tengah berlangsung di Palembang, Rabu 30 Agustus 2017.

Baca juga: Xpander Dijual Lebih Mahal Rp7 Juta di Kota Ini

Faktor lain yang dimaksud Ekianto adalah pajak mobil baru. Di Sumatera Selatan, Bea Balik Nama (BBN) kendaraan baru sudah 12,5 persen. Ini jauh lebih tinggi dibandingkan Jakarta dan Sumatera Utara yang masih 10 persen. "Ini makanya harga mobil di Palembang lebih mahal dibandingkan Medan," katanya.

Dia melanjutkan, hal ini akan berbeda jika nantinya Pemprov DKI Jakarta menaikkan BBN menjadi 20 persen. "Nanti bisa jadi harga mobil di Jakarta lebih mahal dibandingkan Palembang," ujar Eki.

Sekadar informasi, Mitsubishi mematok harga Xpander di Palembang antara Rp197-254 juta, sudah termasuk pajak. Sedangkan di Jakarta Rp189-245,4 juta, dan Medan Rp196-252 juta.

Baca juga: Laris Manis, Harga Xpander akan Naik?

Berikut harga lengkap Xpander di Palembang:

Ultimate 4 A/T = Rp254 juta
Sport 4 A/T = Rp246 juta
Exceed 4 A/T = Rp234 juta
Exceed 5 M/T = Rp223 juta
GLS 5 M/T = Rp217 juta
GLX 5 M/T = Rp197 juta

Pilihan warna putih memiliki harga lebih tinggi Rp1,5 juta.
(one)