Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 31 Agustus 2017 | 10:14 WIB
  • Vios dan Yaris Kena Recall di Indonesia karena Airbag

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Vios dan Yaris Kena Recall di Indonesia karena Airbag
Photo :
  • Vivanews/Herdi Muhardi
Toyota Vios TRD

VIVA.co.id – Recall atau penarikan unit mobil untuk perbaikan, kembali terjadi. Kali ini, recall harus dilakukan pada model mobil Toyota yaris dan Vios di Vietnam, yang disebabkan masalah airbag merek Takata.

Lantas, bagaimana dengan Yaris dan Vios di Tanah Air? Mengingat, keduanya juga masuk di dalam lini yang dijual oleh Toyota.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, mengatakan, recall terkait airbag bukan hal yang baru. Masalah airbag ini harusnya menjadi tanggung jawab Takata sebagai produsen kantung udara tersebut.

"Sekarang kami meyakinkan konsumen. Beberapa model kami recall, terutama terkait perbaikan airbag Takata,” ungkap Warih saat ditemui di Karawang, Jawa Barat. 

Toyota Vios dan Yaris di Indonesia, dalam catatan Warih, ada sekira 8-9 ribu unit yang terkena dampak kasus airbag Takata.

Melihat hal tersebut, Toyota secara intensif mulai melakukan perbaikan terhadap mobil yang bermasalah. Bahkan, hal ini telah dilakukan Toyota di tahun lalu. "Tahun ini Insya Allah (selesai),” kata Warih. 

Sekadar informasi, Toyota Vios yang kena recall di Vietnam jumlahnya mencapai 18 ribu unit, dengan tahun produksi antara 1 Januari 2009 hingga 29 Desember 2012. Sedan tersebut merupakan produksi lokal Vietnam.

Sementara model Yaris yang di-recall diketahui mencapai 1.877 unit, produksi antara 1 September 2009 hingga 31 Agustus 2012. Mobil ini merupakan produk impor untuk Vietnam.