Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 September 2017 | 09:12 WIB
  • Toyota Incar Pasar Mobil Australia

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Toyota Incar Pasar Mobil Australia
Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ekspor mobil Indonesia.

VIVA.co.id – Australia menjadi salah satu potensi ekspor bagi produk-produk mobil dari Indonesia. Sebab, Negeri Kanguru tersebut membutuhkan jutaan unit mobil setiap tahunnya.

Melihat peluang tersebut, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengatakan, perusahaannya sedang melakukan studi ekspor ke Australia.

"Kami mengamati pasar Australia. Ada dua macam yang harus diperhatikan, yakni kesamaan produk dan spesifikasi. Australia standar keamanannya sudah seperti Eropa. Makanya kami perlu observasi lebih dalam," tuturnya saat ditemui di Jakarta.

Dengan demikian, kata Warih, mobil yang dibutuhkan oleh konsumen di Australia berbeda dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. "Kalau seperti keamanan, kendaraan dan komponennya sendiri berbeda," kata dia.

Sementara itu, Bob Azam selaku direktur administrasi TMMIN mengatakan, melakukan ekspor ke negara seperti Australia bukan urusan yang mudah.

Bob mencatat, setidaknya ada dua tantangan utama untuk meningkatkan nilai ekspor dengan membuka jalur baru ke Australia.

"Kalau mau ekspor ke sana, pertama harus ada perdagangan bebas dulu sama Australia. Kedua, produk-produk kami harus dilihat, cocok atau enggak sama Australia. Kalau Australia, sepertinya model mobil-mobilnya kelas menengah ke atas," ujar dia.

TMMIN diketahui bukan hanya memproduksi mobil untuk kebutuhan lokal, tetapi juga ekspor. Model yang dikirim ke luar Indonesia antara lain Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, dan Sienta.

Negara tujuannya pun beragam, mulai dari negara-negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, hingga Timur Tengah. (ms)