Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 September 2017 | 11:29 WIB
  • Mobil Rakitan Dalam Negeri Ini Bisa Parkir Sendiri

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono
Mobil Rakitan Dalam Negeri Ini Bisa Parkir Sendiri
Photo :
  • Mercedes-Benz Indonesia
New Mercedes-Benz E-Class E300 AMG.

VIVA.co.id – Perkembangan teknologi yang semakin maju memberi keuntungan tersendiri bagi para pengemudi mobil. Salah satunya yakni mereka tidak perlu lagi repot memarkir mobil.

Fitur parkir otomatis saat ini mulai banyak diadopsi oleh pabrikan mobil mewah, termasuk Mercedes-Benz. Produsen mobil asal Jerman itu bahkan sudah melengkapi fitur tersebut di mobil yang diproduksi di Tanah Air, yakni E250 Avantgarde dan E300 AMG.

Saat uji berkendara dua mobil itu beberapa waktu lalu, VIVA.co.id mendapat kesempatan mencoba fitur parkir otomatis Mercedes-Benz yang diberi nama Parking Pilot.

Parking Pilot akan memudahkan pengemudi memasukkan mobil sepanjang hampir lima meter ini ke tempat parkir yang tersedia.

Namun, sebelum mengaktifkan fitur ini, ada beberapa syarat yang perlu diketahui. Yang pertama dan paling penting adalah ukuran tempat parkir.

Fitur parkir otomatis di New Mercedes-Benz E-Class.

Fitur parkir otomatis di New Mercedes-Benz E-Class. (Foto: Mercedes-Benz Indonesia)

Dengan menggunakan sensor khusus, mobil akan mencari ruang parkir yang memiliki ukuran panjang tujuh meter dan lebar dua meter. Jika sudah menemukan ruang yang cocok, maka baru fitur ini bisa bekerja.

Untuk mengaktifkannya, pengemudi cukup menekan tombol yang ada di samping kiri konsol tengah (logo kamera video dan huruf P). Komputer akan mulai mencari ruang parkir yang sesuai. Jika menemukan yang dicari, pada layar akan muncul gambar kotak dengan logo P (parkir).

Jika sudah muncul gambar tersebut, sistem akan meminta konfirmasi kepada pengemudi. Untuk memberi konfirmasi, cukup tekan tombol navigasi yang ada di konsol tengah atau setir sebelah kiri.

Sistem kemudian akan meminta pengemudi untuk memindahkan transmisi ke posisi yang dibutuhkan. Setelah itu, lepas pedal rem dan sistem akan mulai memarkir mobil secara otomatis.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat videonya di bawah atau klik tautan ini:

(ren)