Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 September 2017 | 11:43 WIB
  • Beginikah Kembaran Xpander dari Nissan?

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Beginikah Kembaran Xpander dari Nissan?
Photo :
  • IAdesign
Rendering wujud kembaran Xpander dari Nissan.

VIVA.co.id – Nissan Motor Corporation pada 2016 lalu telah membeli 34 persen saham milik Mitsubishi Motors Corporation. Langkah itu membuat Mitsubishi menjadi bagian dari aliansi Renault-Nissan secara global. Pembelian dilakukan Mitsubishi usai merugi setelah terganjal skandal penipuan data emisi di Jepang.

Dengan kepemilikan saham, Nissan dimungkinkan berbagi platform bersama Mitsubishi terhadap mobil mereka masing-masing. Salah satu rencana besar yang tengah ramai diperbincangkan adalah menghadirkan produk kembaran Xpander dengan emblem Nissan.

Modelnya seperti duet Avanza-Xenia yang telah lama populer di Indonesia. Tentu terbilang wajar dan diharap dapat berkontribusi terhadap perkembangan baik Nissan dan Mitsubishi di banyak lini.

Lantas seperti apa model mobil yang akan digarap Nissan terhadap versi kembaran dari Mitsubishi Xpander? Baru-baru ini beredar rendering --gambar rekaan digital-- terhadap Xpander versi Nissan. Rendering dibuat oleh IADesign dan dipamerkan di akun Instagram.

Mobil itu disebutkan merupakan render spekulasi dari Livina terbaru yang menggunakan platform Xpander. Demikian seperti dikutip VIVA.co.id, Senin 4 September 2017.

Rendering wujud kembaran Xpander dari Nissan.

Mitsubishi Expander.

Jika melihat render itu dengan seksama, profilnya nampak sama dengan Xpander. Perbedaan yang paling kentara hanya ada pada bagian wajah, berupa grill khas Nissan, serta lampu-lampunya. Apabila Xpander mengusung lampu utama di bawah dekat bumper, render versi Nissan itu tetap memiliki lampu utama menyipit di atas mirip dengan desain lampu X Trail terbaru.

Untuk ukuran dimensi, sepertinya sama, di mana Xpander memiliki panjang 4.450 milimeter, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700 mm. Jarak sumbu roda juga nampak tak mengalami perubahan.

Hal ini cocok dengan keterangan President Director Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito, baru-baru ini kepada media. Mobil terbaru Nissan disebutkan bakal berbagi platform dengan Mitsubishi di banyak hal. "Bisa saja platformnya, engineering-nya, transmisi, untuk membentuk biaya yang baik. Cost bisa diturunkan, nantinya harga jual jadi lebih kompetitif," kata Koito, di Jakarta.

Versi Low MPV Nissan diproyeksi akan memiliki fitur lebih tinggi ketimbang XM Concept. Dengan begitu posisi mereka tidak akan bertemu langsung di pasar, melainkan saling mengisi satu sama lain. Meski demikian, Nissan sejauh ini belum mau mengungkap bocoran wujud dari mobil kembaran Xpander dari pihaknya.

"Tetapi meski platformnya sama, tetapi tidak akan identik seperti Toyota-Daihatsu, karena konsumen Mitsubishi dan Nissan itu berbeda. Comming soon, yang pasti akan sangat berbeda,” kata Koito.