Honda Respons Kasus Brio Terbakar saat Mesin Mati di Bekasi

Honda Brio yang terbakar di Bekasi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Bangkai mobil Honda Brio warna biru tipe E bertransmisi otomatis masih teronggok di depan rumah pemiliknya, Doddy Matin Zulfadhli, di salah satu perumahan di Bekasi. Mobil mungil tersebut terbakar pada Jumat 1 September 2017, saat pemilik sedang melakukan ibadah salat Idul Adha.

Ugal-ugalan di Jalan, Pengemudi Brio Tabrak Polisi di Banjarmasin

Berdasarkan pantauan, bagian depan mobil itu hancur. Lampu utama, bumper, grille dan roda depan sudah hangus terbakar. Sementara kap mesin rusak saat upaya pemadaman api, termasuk kaca depan, serta spion juga dalam kondisi hancur.

Kondisi kabin mobil juga nyaris tak utuh. Jok mobil, plafon, dasbor, setir, tuas transmisi, konsol tengah, hingga doortrim hangus dilalap si jago merah saat kejadian. "Mobilnya sengaja saya tutupi terpal dulu, supaya enggak mengundang perhatian orang kalau lewat, soalnya kondisinya sudah kayak begitu," kata Doddy saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 4 September 2017.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Doddy mengatakan, dia sudah memberi laporan melalui diler Honda Kranji, Bekasi atas musibah yang dialami. Laporan dilakukan satu hari setelah kejadian, yakni Sabtu 2 September 2017. "Saya ikuti prosedurnya, saya sudah bikin laporan melalui diler tempat saya beli pada Sabtu, karena Jumat kan hari raya. Sudah direspons sama pihak Honda," kata Doddy.

Bahkan, permintaan Doddy agar kasus mobilnya terbakar juga sedang dalam proses. Hal ini lantaran, mobil terbakar di dalam garasi rumah dengan kondisi mesin yang tidak menyala.

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

"Saya masih terus berhubungan sama pihak diler dan mereka bilang hari ini mobil Brio saya mau ditarik. Saya belum tahu pasti mau di bawa ke mana mobilnya, cuma saya dikabari mobilnya mau diselidiki dan dicari tahu penyebab kebakarannya," kata dia.

Sementara itu Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan, perusahaannya sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab mobil terbakar. "Kalau ada kejadian seperti ini, biasanya polisi dan ada dari pihak kami yang melakukan investigasi. Untuk kasus Brio yang di Bekasi, sudah ada tim yang melakukan investigasi," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 4 September 2017.

Jonfis mengatakan, jika ada kebakaran atau kecelakaan, ada tim teknis dari Honda yang bertugas untuk membantu penyelidikan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti kejadian yang dialami konsumen mobil Honda.

"Tim khusus bukan berarti karena kejadian ini terus baru kami bikin, enggak begitu. Kalau ada kejadian, baik kebakaran atau misalnya kecelakaan, sudah ada tim yang bisa membantu penyelidikan,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya