Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 September 2017 | 09:29 WIB
  • Satu Juta Mobil Jadi Rongsokan dalam Sepekan

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Dian Tami
Satu Juta Mobil Jadi Rongsokan dalam Sepekan
Photo :
  • REUTERS/Richard Carson
Texas dilanda badai Harvey

VIVA.co.id – Angka penjualan mobil di Indonesia berkisar di 900 ribu hingga satu juta unit per tahunnya. Nah, bayangkan bila mobil sebanyak itu tiba-tiba menjadi barang rongsokan dalam waktu satu pekan.

Hal itu yang terjadi di Texas, Amerika Serikat. Dilansir dari Carscoops, Selasa 5 September 2017, badai Harvey yang melanda kawasan tersebut telah menyebabkan puluhan orang tewas dari banjir di berbagai tempat.

Angin berkecepatan lebih dari 200 kilometer per jam yang menerpa kawasan itu pada pekan lalu membuat banyak kerusakan pada rumah penduduk serta fasilitas umum. Usai badai, hujan deras mengakibatkan genangan setinggi lebih dari dua meter merendam Houston dan sekitarnya.

Menurut salah satu pihak asuransi setempat, ada sekitar 20 ribu kendaraan yang rusak akibat badai dan banjir tersebut. Jumlah itu masih ditambah lagi dengan kasus serupa yang terjadi di berbagai wilayah lain di Texas.

Total ada sekitar satu juta kendaraan yang rusak akibat terendam air selama berhari-hari. Jenisnya beragam, mulai dari pikap, sedan hingga mobil sport seperti Ferrari dan Lamborghini.

Namun, saat nanti badai telah berlalu dan penduduk mulai beraktivitas seperti biasa, diprediksi akan ada peningkatan penjualan kendaraan.

"Pada bulan-bulan berikutnya, kita mungkin akan melihat penjualan yang tidak biasa. Saat pemulihan berlangsung dan orang-orang akan membeli kendaraan pengganti," kata Jessica Caldwell, Direktur Eksekutif Analisis Industri di Edmunds. (mus)