Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 September 2017 | 10:32 WIB
  • 10 Penyebab Mobil Bisa Terbakar

  • Oleh
    • Rendra Saputra
10 Penyebab Mobil Bisa Terbakar
Photo :
  • Pius Yosep Mali - VIVA.co.id
Bangkai mobil yang terbakar di Cawang dibawa ke Polres Jakarta Timur.

VIVA.co.id – Kasus terbakarnya sebuah mobil di Bekasi baru-baru ini sukses menyita perhatian publik. Bagaimana tidak, mobil itu terbakar di saat mesin kendaraan mati alias tak beroperasi. Pihak kepolisian bersama merek pembuat mobil terkait pun saat ini terus melakukan investigasi terkait penyebab kebakaran.

Banyak yang tak tahu, terbakarnya sebuah mobil sebenarnya dikarenakan adanya pemantik dan bersentuhan dengan bahan bakar. Selain itu korsleting pada kabel juga bisa memercik api dengan mudah.

Seperti dilansir dari situs resmi Toyota, Senin 5 September 2017, ada 10 penyebab kebakaran pada kendaraan. Apa saja?

1. Kabel terkelupas

Kebakaran pada mobil bisa jadi disebabkan karena timbulnya api berasal dari sini. Kondisi mobil yang tak stabil membuat kabel yang sudah rapuh saling bergesekan, sehingga menimbulkan sobekan pada kabel. Bila kabel yang terkelupas saling bergesekan, maka akan menimbulkan percikan api. Ciri khas bila kabel yang terkelupas memercikkan api adalah ada aroma bau sangit. Bila sudah tercium, segera pinggirkan kendaraan.

2. Kabel paralel bertumpuk pada aki

Biasanya kabel paralel pada aki terkadang tidak kencang pengikatannya (baut), sehingga korsleting kerap terjadi. Agar aman, soket kabel atau baut pada aki sering diperiksa.

Baca juga: Honda Respons Kasus Brio Terbakar saat Mesin Mati di Bekasi

3. Besar kabel tidak sesuai

Kabel sangat riskan jika tidak menggunakan tipe yang tepat. Karena setrum kabel mempunyai daya yang berbeda. Akibat salah mengaplikasi, kabel bisa memuai dan api dapat menjalar ke seluruh bagian mobil.

4. Selang bensin bocor

Ini bisa terjadi terutama untuk mobil yang sudah berumur. Selang bensin cuma bermaterial serat kain, jadi gampang rapuh atau robek.

5. Karburator

Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, jangan menggunakan filter udara yang terbuka. Hawa bensin terkadang tembus melewati celah-celah kecil dari boks filter. Bahayanya, ada kabel yang lecet dan bergesekan lalu terkena hawa bensin.

6. Pipa knalpot yang bocor

Ini berlaku terutama yang melewati di bawah tangki bensin. Karena terkena hawa panas, bensin akan ikut menguap. Secara tidak langsung dapat pula menyebabkan terbakar, walau membutuhkan waktu lama.

7. Oli bocor

Mobil yang telah mengalami modifikasi mesin, penggunaan wraping (pembungkus antipanas) pada header memang wajib. Tetapi teliti dahulu apakah ada cipratan oli dari blok mesin atau bagian lain yang dekat dengan header atau knalpot.

Baca juga: Benarkah Mobil Bisa Terbakar saat Cas Powerbank?

8. Mesin mobil yang sudah dimodifikasi

Mobil yang mesinnya sudah dimodifikasi, disarankan memakai selang bensin yang berkualitas. Apalagi bahan bakar mobil yang dipakai adalah bensin, sebaiknya pakai selang yang bermerek dengan serat karbon atau baja.

9. O-Ring injektor

Karet atau selang o-ring injektor harus fleksibel. Jika sudah keras, cepat ganti untuk mencegah kebocoran.

10. Setrum kabel busi bocor 

Kondisi ini sangat riskan menimbulkan percikan api, apalagi jika terkena tetesan bensin. (hd)