Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 September 2017 | 09:28 WIB
  • Soal Avanza Terbaru, Toyota: Tunggu Tanggal Mainnya

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Dian Tami
Soal Avanza Terbaru, Toyota: Tunggu Tanggal Mainnya
Photo :
  • VIVA.co.id/Dian Tami
DN Multisix konsep yang tengah dipamerkan di GIIAS 2017.

VIVA.co.id – Peta persaingan industri kendaraan roda empat di Tanah Air nampaknya mulai berubah. Jika sebelumnya Avanza-Xenia nampak kokoh di posisi singgasana, kini keberadaannya mulai digoyah dua produk pendatang baru yang punya diferensiasi patut diperhitungkan.

Keduanya yakni Mitsubishi Xpander dan merek pendatang baru PT SAIC General Motors Wuling melalui Confero S. Baik Xpander dan Confero sama-sama mengusung segmen di kelas yang juga ditempati Avanza-Xenia. Data penjualan keduanya menunjukkan, patut diwaspadai pemain lama, karena benar-benar nampak mulai menggerus penjualan di segmen low MPV yang sebelumnya juga ditempati Mobilio, Ertiga, hingga Livina.

Apalagi data menyebut Xpander belakangan sukses di pasaran dan langsung terjual hingga belasan ribu unit dalam kurun waktu satu bulan.

Produk yang disorot publik tentu saja Avanza, mengingat model itu selama ini tak pernah mendapat lawan berarti. Lantas, akankah dengan booming-nya Xpander maupun mulai masuknya Wuling yang menawarkan harga kompetitif membuat Toyota langsung meramu produk Avanza terbaru untuk menyaingi keduanya?

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menyatakan, pihaknya tentu menyiapkan serangkaian rencana dengan kondisi saat ini. Sebab sebagai market leader di Tanah Air, sudah menjadi harga mati bagi Toyota untuk terus melakukan terobosan. Meski demikian, Toyota mengaku tak mau gegabah dengan langsung meluncurkan produk baru.

Toyota menyatakan menyambut kedua produk terbaru itu dengan tangan terbuka. Apalagi di satu sisi hal ini dapat memanjakan konsumen karena makin banyaknya produk yang bisa dipilih. "Market bagus kalau ada yang baru. Jadi kalau ditanya ada perkembangan ke depan, pasti ada. Tetapi perlu dipelajari lebih mendalam, karena Toyota menghindari meluncurkan produk tapi tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Henry saat ditemui di Jakarta.

Saat disinggung kapan Toyota akan menghadirkan Avanza terbaru, Henry enggan mengungkap lebih jauh. Yang pasti kata dia, semua sudah direncanakan Toyota secara matang dan penuh dengan perhitungan yang ada.

"Jadi kalau kita perkembangan kendaraan, bukan diputuskan secara mendadak, tapi kita sudah punya plan-nya. Jadi kalau pastinya (Avanza terbaru) tunggu tanggal mainnya, dan kita info. Nantilah coba. Pokoknya nanti diinfo," katanya.