Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 September 2017 | 11:42 WIB
  • Tampang Spekulasi Toyota Avanza Terbaru

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Tampang Spekulasi Toyota Avanza Terbaru
Photo :
  • IA Design
Rendering DN Multisix versi produksi. Kabarnya penerus Avanza-Xenia.

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu Daihatsu memamerkan mobil konsep DN Multisix yang disebut-sebut banyak pihak merupakan cikal bakal Avanza-Xenia teranyar. Mobil itu dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Agustus lalu.

Belakangan baik Toyota maupun Daihatsu tak menampik soal pengembangan sosok DN Multisix. Meski juga tak mengiyakan secara vulgar apakah mobil ini merupakan penerus Avanza-Xenia berikutnya.

Namun demikian, sebagian pihak sudah mulai menghadirkan spekulasi wujud dari DN Multisix jika benar diluncurkan Toyota maupun Daihatsu. Salah satunya seperti yang ditampilkan IA Design melalui gambar rekaan digital alias rendering buatan di akun Instagram-nya.

Terlihat jelas DN Multisix yang dihadirkan tampak tak jauh berbeda dengan edisi purwarupa. Perbedaan kentara ada pada bagian pintu. Pada versi konsep, pintu di baris kedua bisa dibuka terbalik, sementara versi render-nya sudah dibuat seperti mobil pada umumnya. Bagian atap hitam transparan juga sudah diganti dengan model yang lebih realistis.

Sektor yang masih dipertahankan si pembuat desain yakni headlamp, foglamp, kisi-kisi bawah, tuas pintu, serta lampu belakang. Sedangkan spion dan pelek turut dilakukan perubahan alias berbeda dengan versi purwarupa.

Sementara itu Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, menyatakan pihaknya memang tak menampik mengenai kabar tengah meracik Avanza-Xenia edisi terbaru. Namun Toyota tak mau gegabah dengan langsung meluncurkan produk baru.

"Jadi kalau ditanya ada perkembangan ke depan (Avanza terbaru), pasti ada, tapi perlu dipelajari lebih mendalam karena Toyota menghindari meluncurkan produk tapi tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Henry saat ditemui di Jakarta, Selasa 4 September 2017.

Saat disinggung kapan Toyota akan menghadirkan Avanza terbaru, Henry enggan mengungkap lebih jauh. Yang pasti, kata dia, semua sudah direncanakan Toyota secara matang dan penuh dengan perhitungan yang ada.

"Jadi kalau kita perkembangan kendaraan bukan diputuskan secara mendadak tapi kita sudah punya plan-nya. Jadi kalau pastinya (Avanza terbaru) tunggu tanggal mainnya, dan kita info. Nantilah coba. Pokoknya nanti diinfo," katanya. (one)