Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 September 2017 | 12:03 WIB
  • Dua Truk Korea yang Bakal Serbu Indonesia

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Dua Truk Korea yang Bakal Serbu Indonesia
Photo :
  • VIVA.co.id/Toto Pribadi
Truk Hyundai Mighty

VIVA.co.id – PT Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) belum lama ini secara resmi memperkenalkan diri sebagai pendatang baru di segmen kendaraan komersial. Perkenalan dengan pasar Indonesia dilakukan memanfaatkan ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Agustus lalu.

Dalam kunjungannya ke redaksi VIVA.co.id, Manajer Marketing HOKI Ari Tristianto Wibowo mengatakan, kembalinya Hyundai truk ke Tanah Air akan ditandai dengan peluncuran dua produk di segmen truk untuk meramaikan pasar kendaraan komersial.

"Dua produk itu rencananya Hyundai Xcient dan All new Mighty. Untuk Xcient rencananya kami akan bawa dua varian, yang enam roda dan tractor head. Untuk peluncuran dijadwalkan tahun depan," kata Ari.

Pemilihan dua model itu dianggap pas dan sesuai dengan kebutuhan pasar truk di dalam negeri. "Kami memang bawa yang Xcient, yang itu karena yang empat roda kan pasarnya kecil dan terlihatnya ada kanibalisme sama pikap," ujar Ari.

Kunjungan Hyundai truk ke redaksi VIVA.co.id

Kunjungan PT Hoki ke redaksi VIVA.co.id.

Untuk segmen bus besar, Ari mengatakan, HOKI belum berencana menawarkan produk di segmen tersebut. "Kalau untuk produk bus masih agak lama. Tapi yang kemungkinan paling dekat itu dan memungkinkan itu ya Hyundai H350 ya. Rencana kami seperti itu," ujarnya.

Sekadar diketahui, Hyundai segmen komersial sebelumnya dipegang Korindo Group sejak 2007. Namun pihak principal, Hyundai Motor Corporation (HMC) kemudian memutus kerja sama dengan Korindo sekira 2012 lalu. Setelah absen beberapa tahun, kini HMC menunjuk PT HOKI untuk mengambil kendali penjualan truk dan bus Hyundai di Indonesia. Status PT HOKI yakni agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaraan niaga Hyundai di Tanah Air.

Baca juga: Truk Korea Bangkit Setelah Mati Suri