Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 September 2017 | 11:19 WIB
  • Cara Jual Mobil Secara Online, Laku dalam Satu Jam

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Pius Yosep Mali
Cara Jual Mobil Secara Online, Laku dalam Satu Jam
Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Ilustrasi jual beli mobil bekas.

VIVA.co.id – Menjual mobil kesayangan kini bisa dilakukan dengan sistem online. Menjual mobil melalui platform digital tersebut diyakini akan terus berkembang seiring dengan makin banyaknya jumlah kendaraan dan inovasi teknologi.

Hal itu juga diakui Business Head BeliMobilgue.co.id, Alexander Alvin. Ia mengatakan, dengan cara baru ini menjual mobil dalam waktu satu jam bukan hanya omongan belaka. Terobosan itu yang coba dimanfaatkan BeliMobilgue.co.id.

"Kami hadir untuk bantu konsumen yang ingin jual mobil. Kita semua tahu, kalau mau jual mobil itu di Indonesia masih agak ribet dan banyak cerita tidak mengenakan," kata Alvin di Jakarta.

“Kalau jual mobil pakai cara lama, kita publisher nomor handphone, kemudian kalau mobilnya di rumah kita harus mengundang calon pembeli yang kita enggak kenal datang ke rumah dan bisa mempelajari kondisi kita. Kalau lewat ini, tidak lagi seperti itu," tambahnya.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan pemilik mobil saat hendak menjual kendaraannya dengan teknologi modern itu? Alvin mengatakan, konsumen hanya perlu memastikan surat-surat kendaraannya lengkap dan kondisi kendaraannya baik.

"Untuk tahun mobil kami enggak ada batasan. Selama surat-suratnya ada semua, bisa. Kami akan inspeksi dulu kendaraannya dengan 300 point pengecekan dari eksterior sampai interior. Kemudian kami kasih tahu harga yang ditawarkan pembeli," ujar dia.

Bahkan, kata Alvin, cara ini juga bisa dilakukan untuk mobil yang masih dalam status kredit dengan lembaga pembiayaan (leasing). Sayangnya, kata Alvin, layanan lokasi inspeksi baru tersedia di wilayah Jakarta dan baru dalam rencana pengembangan ke kota besar lain di Indonesia.

"Mobil masih ada kaitan sama leasing kami akan minta pemilik bawa surat keterangan, dan kami akan cek dulu ke pihak leasing. Tapi bisa kok. Kemudian, kalau plat mobilnya dari luar Jakarta juga bisa kami bantu jual, tetapi ini kaitannya dengan harga ya. Biasanya mobil kalau pakai plat 'B' harganya lebih bagus. Yang tidak bisa kami bantu jual mobil bodong atau enggak ada surat-surat," katanya.

Berbeda dengan bisnis serupa, platform digital dari BeliMobilgue.co.id ini menggunakan model bisnis C to B. Artinya, mobil yang didaftarkan konsumen untuk dijual, nantinya ditawarkan kepada partner bisnis yang merupakan badan usaha, bukan kepada pengguna langsung.

Dengan memanfaatkan jasa digital tersebut, pemilik mobil hanya perlu mendaftarkan identitas kendaraan dan identitas pribadi di BeliMobilgue.co.id. Canggihnya, platform ini menggunakan algoritma untuk menentukan perkiraan harga berdasarkan jenis, merek, tahun produksi, dan kilometer tempuh mobil.

Pemilik mobil juga akan ditelepon oleh call center untuk membuat janji pemeriksaan mobil di lokasi inspeksi yang disediakan dengan membawa mobil dan semua kelengkapan. Di lokasi inspeksi, mobil akan dicek mulai dari kondisi eksterior, interior, mesin, surat-surat kendaraan, hingga kelengkapan yang ada di dalam mobil.

"Harga memang kami pakai perkiraan, jadi mobil kami cek, setelah selesai kami tawarkan secara online ke partner kami. Kalau harga cocok, transaksi dilanjutkan ke proses transfer ke pemilik mobil. Ini kami targetkan bisa selesai dalam 60 menit," katanya.