Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 11 September 2017 | 11:18 WIB
  • Mercedes Bikin Mobil F1 Versi Jalan Raya

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Mercedes Bikin Mobil F1 Versi Jalan Raya
Photo :
  • Paultan
Mercedes-AMG One.

VIVA.co.id – Mercedes dikenal sebagai salah satu produsen mobil mewah. Namun, mereka juga memiliki divisi khusus yang menyediakan mobil-mobil berperforma tinggi, yakni AMG.

Kedua perusahaan tersebut beberapa tahun ini menuai kesuksesan di ajang balap Formula 1, melalui tim Mercedes-AMG Petronas Motorsport. Pembalap andalan mereka, Lewis Hamilton, sukses merajai balap F1 tahun ini.

Beberapa tahun lalu, Mercedes memiliki mimpi untuk menghadirkan mobil F1 versi jalan raya. Mobil tersebut harus mengusung banyak teknologi dan desain dari F1, namun bisa dikendarai di luar sirkuit.

Dilansir dari Paultan, Senin 11 September 2017, mimpi pabrikan mobil asal Jerman itu tampaknya akan segera menjadi kenyataan.

Sebab, pada pameran Franfkurt Motor Show yang akan dibuka mulai 12 September besok, Mercedes bersama AMG akan menghadirkan mobil baru yang diberi nama Mercedes-AMG One.

Meski baru meluncur besok, namun Mercedes sudah mulai menyebarkan gambar mobil tersebut di dunia maya. Dari foto yang disebarkan, terlihat bagian belakang mobil itu sangat bergaya F1.

Mulai dari pemecah angin atau diffuser berukuran besar hingga knalpot di bagian tengah belakang mobil tersebut. Tidak ada kaca belakang, karena tempatnya diisi dengan sirip dan pipa penyalur udara ke kompartemen mesin.

Mercedes juga mengunggah foto bagian dalam mobil tersebut. Meski hanya sedikit informasi yang bisa digali, namun terlihat jelas nuansa kokpit F1. Desain setir dibuat layaknya jet darat tunggangan Hamilton, lengkap dengan lampu penunjuk putaran mesin.

Interior Mercedes-AMG One.

Interior Mercedes-AMG One. (Foto: Paultan)

Panel instrumennya juga dirancang agar mirip mobil F1, yakni persegi panjang. Panel ini berisi informasi tentang waktu tempuh serta energi yang dihasilkan oleh mesin.

Seperti hypercar lainnya, Mercedes-AMG One juga dilengkapi dengan mesin hibrida, yakni gabungan antara mesin konvensional dengan motor listrik. Sayangnya, belum ada informasi mengenai spesifikasi mesin serta daya yang dihasilkan. (hd)