Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 11 September 2017 | 11:26 WIB
  • KIA Picanto Diuji Tabrak, Hasilnya?

  • Oleh
    • Rendra Saputra
KIA Picanto Diuji Tabrak, Hasilnya?
Photo :
  • Paultan
Uji tabrak KIA Picanto.

VIVA.co.id – Pabrikan mobil asal Korea Selatan, KIA, memiliki mobil yang belum lama ini menyandang status all new, yakni Picanto. Untuk mengetes keamanan mobil tersebut, Euro NCAP kemudian melakukan uji tabrak.

Hasilnya Picanto diganjar bintang tiga. Euro NCAP memberi nilai 79 persen jika mengacu pada perlindungan penumpang dewasa. Generasi terbaru Kia Picanto itu disebut berhasil mencegah dada pengemudi saat terjadi benturan keras.

Tidak hanya mampu melindungi pengemudi dan penumpang di bagian depan, mobil asal negeri ginseng tersebut mampu menjaga penghuni jok baris kedua berkat barrier yang dibuat rigid pada bagian depan kendaraan. Demikian seperti dilansir Autoevolution, Senin 11 September 2017.

Namun ada masalah pada perlindungan untuk penumpang anak-anak. Sebab Euro NCAP hanya memberi nilai perlindungan 69 persen. Sebabnya untuk anak berusia 10 tahun akan terdapat ketegangan pada leher saat mobil mengalami benturan. Sementara untuk anak berusia enam tahun, apabila mobil ini mengalami kecelakaan, akan memberikan luka serius pada bagian dada.

Kondisi ini diperparah kursi belakang yang tidak mampu mengakomodir keselamatan anak, dan menggunakan sabuk pengaman di tengah.

Saat pengujian, mobil dipacu dalam kecepatan 64 kilometer per jam. Dalam skenario ini, dada anak cenderung mengalami cedera, itulah sebabnya mengapa Euro NCAP memberi nilai buruk pada Picanto untuk perlindungan anak.