Pakai Mesin 1.600 cc, Mobil Ini Bisa Melesat 350 Km per Jam

Mercedes-AMG One.
Sumber :
  • Mercedes-Benz

VIVA.co.id – Mercedes akhirnya membuka selubung mobil terbaru mereka di pameran Frankfurt Motor Show 2017, yang tengah digelar di Jerman.

Mercedes-Benz's Biggest Launch of 2023: Unveils 7 New Cars

Berbeda dari mobil biasanya, Mercedes-AMG One dibuat berdasarkan pengembangan yang dilakukan tim AMG di ajang balap Formula 1 atau F1.

Dilansir dari Carscoops, Selasa 12 September 2017, eksterior mobil ini dibuat sangat aerodinamis, sehingga mampu melaju lebih dari 350 kilometer per jam.

Mercedes-Benz Luncurkan 7 Mobil Baru Sekaligus di Indonesia, Segini Harganya

Agar bisa melesat secepat pesawat, Mercedes membekali One dengan mesin enam silinder berkapasitas 1.600 cc. Meski kapasitasnya kecil, namun kinerjanya dibantu oleh pendorong turbocharger dan empat motor listrik.

Desain mesinnya mirip dengan mobil yang dikendarai pembalap Lewis Hamilton di ajang F1. Dua motor listrik digunakan untuk memutar roda depan, satu motor dipasang pada mesin dan satu lagi dipakai untuk membantu kerja turbocharger.

Daftar Mobil yang Joknya Super Nyaman

Dengan adanya bantuan motor listrik, maka turbocharger tidak lagi memiliki jeda saat beroperasi. Selain itu, turbin yang digunakan pada pembuangan knalpot dan saluran masuk dibuat terpisah, agar kinerjanya bisa lebih maksimal.

Mercedes-AMG One.

Mercedes-AMG One (Foto: Mercedes-Benz)

Dengan konfigurasi tersebut, mobil ini memiliki tenaga lebih dari 1.000 daya kuda. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi delapan percepatan yang didesain khusus untuk mobil ini.

Soal akselerasi, dari nol hingga kecepatan 200 kilometer per jam bisa ditempuh dalam waktu enam detik saja. Semua sistem pendinginan mesin dan baterai sama persis dengan yang terpasang di mobil F1 Mercedes-AMG.

Seperti hypercar lainnya, Mercedes-AMG One akan dibuat dalam jumlah terbatas, tepatnya 275 unit saja. Harga per unitnya US$2,7 juta, atau setara dengan Rp35,6 miliar.

Jika tertarik, jangan berharap mobil ini bisa dikirim ke garasi dalam waktu dekat. Sebab, Mercedes butuh waktu tambahan 18 bulan untuk mengembangkan mobil tersebut, sebelum akhirnya diproduksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya