Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 10:54 WIB
  • Soal Perubahan Dratis Ertiga Terbaru, Suzuki Angkat Suara

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Soal Perubahan Dratis Ertiga Terbaru, Suzuki Angkat Suara
Photo :
  • India.com
Ertiga konsep 2018.

VIVA.co.id – Generasi kedua Suzuki Ertiga dikabarkan bakal melakoni debutnya pada 2018 mendatang. Mobil keluarga segmen bawah ini akan hadir dengan tampilan berbeda dari model yang saat ini dijual. 

Konon Indonesia akan dipilih sebagai tempat perdana peluncuran Ertiga terbaru dengan banyak perubahan. Baru kemudian menyapa konsumen India yang juga menjadi tempat dijualnya produk Ertiga. 

Dari informasi yang ramai diperbincangkan, generasi terbaru Suzuki Ertiga disebut-sebut bakal dibangun menggunakan platform HEARTEC yang sama seperti generasi terbaru Swift. Dengan penggunaan platform ini, Ertiga terbaru bakal lebih ringan hingga 30 kilogram. Dengan bobot yang lebih ringan, maka akselerasi mobil akan jauh lebih baik. Konsumsi bahan bakar juga bisa lebih irit, karena menanggung beban yang lebih ringan.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Harold Donnel, Section Head 4 Wheel Product Development PT Suzuki Indomobil Sales mengaku belum bisa bicara banyak mengenai informasi tersebut. Meskipun dirinya tak menampik akan rencana Suzuki menghadirkan Ertiga terbaru ke Tanah Air. "Saya belum bisa berbicara tentang itu (Ertiga terbaru). Pasti kita kabari kalau sudah ada berita baik," kata Harold saat dihubungi VIVA.co.id, selasa 12 September 2017.

Sinyal hadirnya Ertiga terbaru sebenarnya sudah dikonfirmasi Suzuki Indonesia belum lama ini. Direktur Pemasaran PT SIS divisi roda empat, Donny Saputra mengatakan, Ertiga generasi berikutnya diproyeksikan akan dirilis awal tahun depan. Sementara saat ini masih terus dalam tahap pengembangan.

Meski demikian dirinya masih menutup rapat-rapat keran informasi mengenai detail perubahan yang akan didaulat mobil penantang Avanza-Xenia dan Mobilio itu. Termasuk apakah Ertiga terbaru masih mempertahankan mesin K14B berkapasitas 1.400 cc yang dipakai saat ini. Sebab di pasar India, Suzuki akan fokus pada mesin diesel ketimbang bensin. (mus)