Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 10:44 WIB
  • Suzuki Swift Baru Resmi Mengaspal, Pakai Mesin Turbo

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono
Suzuki Swift Baru Resmi Mengaspal, Pakai Mesin Turbo
Photo :
  • Suzuki Europe
Suzuki Swift edisi 2018.

VIVA.co.id – Suzuki akhirnya resmi meluncurkan generasi terbaru dari mobil hatchback andalan mereka, Swift. Peluncuran dilakukan di pameran Frankfurt Motor Show 2017, yang digelar di Jerman.

Dilansir dari laman resmi Suzuki Eropa, Rabu 13 September 2017, Swift baru mengusung platform HEARTECT yang memiliki bobot lebih ringan dari platform sebelumnya.

Dengan platform ini, pesaing Honda Jazz dan Toyota Yaris itu bobotnya kini kurang dari satu ton, tepatnya 970 kilogram saja.

Tampilan depannya terlihat modern dengan grille dan lampu baru. Lampunya sudah mengadopsi teknologi proyektor, yang lebih terang dari halogen namun tidak menyilaukan.

Yang paling diunggulkan pada mobil ini adalah mesinnya. Memiliki spesifikasi empat silinder berkapasitas 1.400 cc, mesin yang diambil dari Suzuki Vitara itu sudah dibekali dengan turbocharger. Alhasil, tenaga yang dihasilkan mencapai 138 daya kuda dan torsi 230 Newton meter.

Tenaga tersebut digunakan untuk menggerakkan mobil yang bobotnya ringan, sehingga perbandingan torsi dengan berat bisa mencapai 4,2 kilogram per Nm.

Semua urusan peredaman pada suspensi dipercayakan pada merek Monroe. Suzuki menambahkan peredam berbahan teflon pada batang stabiliser, agar pengendalian menjadi lebih baik.

Tapak ban berukuran 17 inci di keempat sisi diperlebar 40 milimeter, sedangkan tinggi mobil dikurangi 15 mm dan lebarnya ditambah 40 mm. Hasilnya, tampilan Swift baru ini menjadi lebih sporty.

Sayangnya, belum diketahui harga mobil tersebut, serta kapan akan dipasarkan di Indonesia. (asp)