Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 20:13 WIB
  • Mengintip Perang Truk dan Alat Berat di Kemayoran

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Jeffry Yanto Sudibyo,
    • Dian Tami
Mengintip Perang Truk dan Alat Berat di Kemayoran
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry
Truk Mercedes-Benz di Indonesia Mining Expo 2017

VIVA.co.id – Beberapa produsen truk ikut meramaikan pameran Indonesia Mining Expo 2017 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Tak heran jika truk-truk dan kendaraan berat lainnya membuat penuh Kemayoran pada Rabu 13 September 2017.

Volvo Truck (VT) dan Volvo Construction Equipment (VCE) hadir dengan beberapa produk unggulannya. Tiga truk bongsor mereka boyong FMX 400 8x4R, FMX 440 6X6R dan FH 16 610 5X4T. Dan ketiganya diklaim telah menggunakan teknologi I-shift.

"Sejak 40 tahun yang lalu, Volvo Group di Indonesia telah berkomitmen untuk menyediakan peralatan hemat bahan bakar dan produktif ke pasar Indonesia," kata Presiden Direktur dan Kepala Volvo Trucks Indonesia, Valery Muyard.

Versi baru I-Shift dari Volvo Trucks ini memungkinkan untuk adanya penambahan dua crawler gears baru, sehingga truk bisa bergerak dan mengangkut beban berat dalam situasi ekstrem sekalipun.

I-Shift dengan crawler gears juga menawarkan keseluruhan cakupan baru untuk truck berat dengan transmisi otomatis sehingga dapat mengatur kecepatan saat melaju dan mundur secara perlahan.

Saat disinggung mengenai perubahan harga, Volvo Indonesia enggan membocorkan. "Kalau harga pasti ada perubahan, tapi saya enggak bisa bilang detailnya berapa," ujar Theo wibisono, Head of Product Management Volvo Indonesia.

Tak mau kalah, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) juga menampilkan beberapa model unggulannya. Model truk yang hadirkan yakni, Actroz, Unimog, Axor, dan Arocs.

Markus Vilinger, CEO Daimler Commercial Vehicles Indonesia, mengatakan, sejak 1950 Mercedes-Benz Indonesia memang terus berusaha untuk memberikan produk-produk terbaik yang dapat menjawab kebutuhan konsumen.

"Dengan penawaran rangkaian produk yang lengkap, kami berkomitmen menetapkan tren baru dalam industri truk di negara ini, menyediakan produk-produk yang secara khusus dirancang untuk kinerja tertinggi di medan pertambangan Indonesia," katanya.

Seperti diketahui, Actroz difungsikan sebagai truk berukuran besar untuk on road dan off road, sedangkan Unimog dengan ukuran yang lebih kecil hanya digunakan di jalan off road saja. Sementara Axor yang dibuat secara lokal di Wanaherang, Bogor hadir dalam lima varian dan cocok untuk on road dan off road.

Karena Axor masih terbilang produk baru yang resmi di luncurkan pada Agustus lalu tentu truk ini yang menjadi bintangnya. Truk ini memiliki keunggulan dalam total cost of ownership, dan fitur keamanan seperti lampu sudah LED daytime running light, anti lock baking system (abs), serta engine brake.