Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 18 September 2017 | 10:22 WIB
  • Avanza Masih Terlaris, Mobilio Melonjak Tajam

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Avanza Masih Terlaris, Mobilio Melonjak Tajam
Photo :
  • Dok
Toyota Avanza

VIVA.co.id – Mobil keluarga segmen bawah masih menjadi favorit konsumen di Indonesia. Dengan banderol di kisaran Rp180-240 jutaan, mobil ini dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan pribadi.

Selain harga yang dirasa masih terjangkau, kemampuan mobil jenis ini untuk mengangkut penumpang sekaligus barang masih sangat mumpuni. Maka, tak heran jika mobil jenis ini bisa berkontribusi positif untuk penjualan mobil skala nasional.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama Agustus puluhan ribu mobil keluarga dari berbagai merek Jepang masih mendominasi penjualan.

Peringkat pertama penjualan mobil keluarga segmen bawah masih diduduki oleh Toyota Avanza. Mobil keluarga rakitan lokal ini berhasil mencatat angka penjualan 10.212 unit selama Agustus 2017.

Urutan kedua ditempati Daihatsu Xenia dengan angka penjualan 3.304 unit, disusul kemudian oleh Honda Mobilio sebesar 3.031 unit dan Suzuki Ertiga dengan 3.028 unit.

Secara umum, penjualan Low MPV di bulan kedelapan tahun ini meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Kenaikan terbesar dialami Honda Mobilio, karena bulan sebelumnya penjualan hanya ada di angka 739 unit saja.

Meski Avanza paling banyak terjual, namun secara total dari Januari hingga Agustus 2017 jumlahnya menurun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Satu-satunya mobil yang mengalami kenaikan penjualan pada periode Januari-Agustus adalah Ertiga. Sayangnya, angkanya tidak besar, hanya delapan persen saja. (hd)

Bajaj Qute, pengganti bemo, mulai sliweran di jalanan Jakarta. Lihat pengalaman VIVA.co.id menjadi supir Bajaj Qute dan anterin penumpang imut. Hanya di OtoVIVA.