Honda Brio 'Tendang' Suzuki Ignis dari Puncak City Car

Honda Brio RS.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Penjualan mobil pada Agustus 2017 naik 13 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Pada bulan kedelapan tahun ini, penjualan secara whole sales atau pabrik ke diler mencapai 96 ribuan unit.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Dari angka tersebut, mobil perkotaan atau city car menyumbang hanya 3.337 unit saja. Namun, angka ini lebih baik dari bulan sebelumnya, yang hanya sebesar 3.140 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, mobil perkotaan yang menduduki peringkat pertama penjualan terbanyak yakni Honda Brio, dengan angka 1.606 unit.

Terpopuler: Mobil SUV Baru Toyota Rp147 Juta di Diler, Honda Brio Dipaksa Mundur

Angka itu sedikit lebih baik dari perolehan Suzuki melalui mobil baru mereka, Ignis. Mobil andalan Suzuki berbentuk unik ini sebelumnya merajai penjualan city car selama empat bulan, yakni April-Juli 2017.

Pada Agustus tahun ini, Ignis hanya laku 1.178 unit. Sementara itu, peringkat selanjutnya diduduki Nissan March dan Daihatsu Sirion.

Akibat Lawan Arah, Sopir Honda Brio Dipaksa Mundur Pengguna Jalan Lain

Mitsubishi Mirage yang sebelumnya menempati peringkat tiga harus turun ke posisi lima, karena penjualannya pada Agustus tahun ini hanya sebesar 142 unit, turun dari 227 unit.

Jika dilihat secara total, pada periode Januari-Agustus 2017 penjualan mobil perkotaan naik cukup banyak dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni sekitar 41 persen. Dari 15 ribuan menjadi 21 ribuan unit.

Bahkan, penjualan pada periode tahun ini hampir menyamai penjualan city car selama 2016. Pada Januari-Desember 2016, total ada 22 ribuan city car yang laku. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya