Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 18 September 2017 | 14:58 WIB
  • Harga Murah Calya Tak Mampu Saingi Penjualan Kijang Innova

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Dian Tami
Harga Murah Calya Tak Mampu Saingi Penjualan Kijang Innova
Photo :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto
Toyota Calya.

VIVA.co.id – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah merilis penjualan kendaraan secara wholesales alias pengirimn dari pabrik ke diler selama Agustus 2017.

Hasilnya, penjualan mobil pada bulan tersebut berhasil tembus 96.461 unit. Angkanya meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 85.217 unit.

Dari angka itu, mobil keluarga dengan kapasitas besar seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) tetap menjadi incaran konsumen di Tanah Air.

Berdasarkan data Gaikindo, MPV di Tanah Air terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Low MPV bermesin 1.500 cc, medium MPV dengan mesin di atas 1.500 cc dan Upper MPV, yakni MPV dengan mesin di atas 1.500 cc serta memiliki desain premium.

Dari penjualan MPV secara keseluruhan, mobil keluarga yang paling laris masih dipegang oleh Toyota Avanza. MPV yang pertama kali meluncur pada 2003 silam ini cukup dipercaya sebagai kendaraan keluarga di Indonesia.

Namun untuk posisi kedua, mobil lain yang memiliki desain MPV tapi masuk dalam kategori low cost green car (LCGC), yakni Toyota Calya, berhasil dikalahkan oleh Kijang Innova. Sebab, penjualan Calya di Agustus 2017 hanya sebanyak 5.992 unit.

Masuk dalam kategori medium MPV, Kijang Innova menjadi mobil keluarga dengan posisi MPV kedua terlaris, yaitu sebanyak 6.136 unit. Selama delapan bulan pertama di 2017, mobil ini telah terjual sebanyak 39.327 unit. (hd)

Bajaj Qute, pengganti bemo, mulai sliweran di jalanan Jakarta. Lihat pengalaman VIVA.co.id menjadi supir Bajaj Qute dan anterin penumpang imut. Hanya di OtoVIVA.