Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 18 September 2017 | 16:04 WIB
  • Agustus, Tak Satu pun Sedan Mercedes-Benz Terjual

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Dian Tami
Agustus, Tak Satu pun Sedan Mercedes-Benz Terjual
Photo :
  • Mercedes-Benz Indonesia
Interior New Mercedes-Benz E-Class E300 AMG.

VIVA.co.id – Indonesia selama beberapa tahun belakangan dikenal sebagai surga bagi sejumlah merek otomotif yang menjual model mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV). 

Permintaan mobil jenis keluarga yang memiliki kabin luas terus tinggi dan meninggalkan penjualan di segmen lainnya. Sayangnya ada satu segmen yang terus tertinggal dan makin sepi peminat, sedan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan sedan secara wholesales alias pengiriman pabrik ke diler, tercatat hanya 848 unit selama Agustus 2017. Dari total tersebut, 205 unit diisi kategori taksi.

Bicara penjualan, di segmen sedan merek Jepang, persaingan paling menonjol terlihat antara Honda dan Toyota. Untuk Toyota, selama Agustus penjualannya mencapai 278 unit dengan jualan utama small sedan Altis, sedangkan Honda 220 unit, dengan pasokan utama mini sedan City. 

Sementara itu, untuk mobil jenis sedan dari Eropa dan Amerika Serikat, merek BMW masih jadi pilihan. Terbukti BMW mampu menghasilkan penjualan sebanyak 123 unit. Sedangkan Mercedes-Benz tidak mampu menjual satu unit pun selama Agustus.

Data Telat

Saat dihubungi VIVA.co.id, Deputy Director Sales Operation and Product Management Mercedes-Benz Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto membantah dengan tegas data itu. Ia menjelaskan, Mercedes-Benz tetap melakukan penjualan seperti bulan-bulan sebelumnya. 

"Kami memang belum memberikan data (kepada Gaikindo), karena memang ada diskusi internal dulu," kata Kari.

Kari menjelaskan bila Mercedes-Benz tetap memimpin pasar mobil premium. Hal itu dibuktikan dengan angka penjualan hingga 350 unit sepanjang Agustus.

"Kami masih tetap pemimpin pasar di segmen premium. Penjualan untuk mobil penumpang itu 350 unit. C Class dan E Class masih menjadi produk andalan," ujarnya

 

Berikut daftar sedan terlaris selama Agustus 2017 berdasarkan data Gaikindo:

Mini Sedan, total 201 unit

1. Honda City = 156 unit
2. Toyota Vios = 41 unit
3. Suzuki Ciaz = 4 unit

Small Sedan 152 unit

1. Toyota Altis = 88 unit
2. Honda Civic = 64 unit

Medium Sedan, total 177 unit

1. Toyota Camry = 139 unit
2. BMW 3 Series = 32 unit

High Sedan, total 79 unit

1.BMW 5 Series = 61 unit
2.BMW M3 Coupe = 10 unit

Upper High Sedan, total 18 unit

1. BMW 7 Series = 11 unit
2. Lexus IS300  =  5 unit 

Sport Sedan, total 16 unit

1. Toyota86 = 10 unit
2. VW Scirocco = 6 unit

 

 

 

Bajaj Qute, pengganti bemo, mulai sliweran di jalanan Jakarta. Lihat pengalaman VIVA.co.id menjadi supir Bajaj Qute dan anterin penumpang imut. Hanya di OtoVIVA.