Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 19 September 2017 | 09:27 WIB
  • Ramalan Masa Depan Mobil MPV di Indonesia

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Ramalan Masa Depan Mobil MPV di Indonesia
Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Pembukaan GIIAS 2017

VIVA.co.id – Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Yohannes Nangoi, beberapa waktu lalu mengatakan, pasar otomotif dunia dipimpin oleh model sedan.

Sayangnya, mobil sedan di Indonesia justru menjadi minoritas, gara-gara pajaknya yang lebih mahal dari model lainnya. Oleh sebab itu, pemerintah rencananya akan mengurangi pajak sedan, sehingga harganya bisa bersaing dengan negara lain.

Menurut Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales Divisi Roda Empat, Dony Saputra, jika ingin menaikkan nilai ekspor kendaraan Indonesia enggak harus dari sedan.

Sebab, Indonesia masih punya model mobil lain yang pasarnya cukup menjanjikan, baik di dalam maupun luar negeri.

“Menurut kami, di Indonesia yang potensial itu mobil kecil dan SUV (sport utility vehicle), lima sampai 10 tahun ke depan. Tidak harus dibatasi secara modelnya, tapi lihat tujuan akhirnya,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Menurutnya, kalau berbicara soal pasar sedan di Indonesia, kebiasaan konsumen sudah berubah 10 tahun belakangan ini. Sebab, pasar sudah berpindah dari sedan ke Multi Purpose Vehicle (MPV). Dan ke depannya, pasar akan berubah lagi ke arah mobil hatchback.

“Kalau tujuan utamanya jualan ke luar negeri, harus dilihat dari situnya (model terlaris di RI). Yang terakhir, kalau kita ingin menggerakan ekspor, harusnya dari awal kita memikirkan membuka pasar ke luar negeri,” tuturnya. (hd)

OtoVIVA kembali memberikan liputan unik. Kali ini, kita menjajal sehari jadi supir Bajaj Qute. Eh ternyata pas bawa penumpang imut. Lihat lengkapnya di sini.