Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 19 September 2017 | 11:44 WIB
  • Yaris 1.200cc Akan Dijual di Indonesia?

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Yaris 1.200cc Akan Dijual di Indonesia?
Photo :
  • toyota
Toyota Yaris Thailand

VIVA.co.id – Agen pemegang merek Toyota di Thailand, baru-baru ini secara resmi meluncurkan Yaris model terbaru dengan tampang lebih sporty. Tiga tipe Yaris yang dihadirkan, semuanya dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc, sama seperti Etios.

Wujudnya menarik, desain cover foglamp-nya mirip ‘kumis Pak Raden’, persis seperti model Toyota Agya di Indonesia. Uniknya lekukan kap mesin mengerucut mirip dengan Prius dan dipadukan dengan grille besar ala Vios terbaru.

Di sektor penerangan, Yaris di Thailand dibekali lampu depan yang sudah projector LED dan dilengkapi daytime running light (DRL) terpisah di atas kisi-kisi grill. Karena mesin yang digunakan lebih kecil, tentu harga jualnya lebih murah ketimbang Yaris di Indonesia yang mengusung mesin 1.500cc.

Apabila di Indonesia, Yaris dibanderol mulai Rp232,4 juta sampai Rp274,4 juta, dan varian Heykers Rp269,6 juta sampai Rp281,4 juta, di Thailand Yaris terbaru hanya dijual Rp191 juta sampai Rp244 juta. Lantas, akankah mobil ini juga akan diluncurkan di Indonesia?

PT Toyota Astra Motor pun memberi tanggapan. Menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM, meski memiliki penampilan menarik, namun pihaknya tak akan membawanya ke Indonesia. Alasannya, model itu tidak masuk dalam rencana TAM. 

"Tidak akan masuk, karena setiap negara akan men-develop mobilnya masing-masing. Sama saja seperti Heykers yang tidak akan masuk Thailand. Jadi, itu memang untuk negaranya sendiri, karena masing-masing negara punya strategi masing-masing. Bukan berarti produk yang launching di Thailand akan launcing juga di negara lain,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa 19 September 2017.

Karena persaingan hatchback di Tanah Air kebanyakan bermesin 1.500 cc, maka ini juga yang menjadi alasan utama bagi PT TAM tidak memberi pilihan mesin lebih kecil. Sebab, akan menjatuhkan kasta model itu sendiri. “Kan, kita sudah punya Agya dan Etios,” tuturnya.

OtoVIVA kembali memberikan liputan unik. Kali ini, kita menjajal sehari jadi supir Bajaj Qute. Eh ternyata pas bawa penumpang imut. Lihat lengkapnya di sini.