Yaris 1.200cc Akan Dijual di Indonesia?

Toyota Yaris Thailand
Sumber :
  • toyota

VIVA.co.id – Agen pemegang merek Toyota di Thailand, baru-baru ini secara resmi meluncurkan Yaris model terbaru dengan tampang lebih sporty. Tiga tipe Yaris yang dihadirkan, semuanya dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc, sama seperti Etios.

Kian Menawan, Ini Tampilan Eksterior dan Interior New Kijang Innova

Wujudnya menarik, desain cover foglamp-nya mirip ‘kumis Pak Raden’, persis seperti model Toyota Agya di Indonesia. Uniknya lekukan kap mesin mengerucut mirip dengan Prius dan dipadukan dengan grille besar ala Vios terbaru.

Di sektor penerangan, Yaris di Thailand dibekali lampu depan yang sudah projector LED dan dilengkapi daytime running light (DRL) terpisah di atas kisi-kisi grill. Karena mesin yang digunakan lebih kecil, tentu harga jualnya lebih murah ketimbang Yaris di Indonesia yang mengusung mesin 1.500cc.

Begini Jadinya Jika Pemula Nyetir Mobil Sport Toyota

Apabila di Indonesia, Yaris dibanderol mulai Rp232,4 juta sampai Rp274,4 juta, dan varian Heykers Rp269,6 juta sampai Rp281,4 juta, di Thailand Yaris terbaru hanya dijual Rp191 juta sampai Rp244 juta. Lantas, akankah mobil ini juga akan diluncurkan di Indonesia?

PT Toyota Astra Motor pun memberi tanggapan. Menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM, meski memiliki penampilan menarik, namun pihaknya tak akan membawanya ke Indonesia. Alasannya, model itu tidak masuk dalam rencana TAM. 

50 Tahun Kiprah di Indonesia, TAM Hadirkan Toyota GAZOO Racing

"Tidak akan masuk, karena setiap negara akan men-develop mobilnya masing-masing. Sama saja seperti Heykers yang tidak akan masuk Thailand. Jadi, itu memang untuk negaranya sendiri, karena masing-masing negara punya strategi masing-masing. Bukan berarti produk yang launching di Thailand akan launcing juga di negara lain,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa 19 September 2017.

Karena persaingan hatchback di Tanah Air kebanyakan bermesin 1.500 cc, maka ini juga yang menjadi alasan utama bagi PT TAM tidak memberi pilihan mesin lebih kecil. Sebab, akan menjatuhkan kasta model itu sendiri. “Kan, kita sudah punya Agya dan Etios,” tuturnya.

Toyota Yaris GR Sport GT7 Edition

Toyota Hadirkan Yaris GR Sport Hybrid Edisi Khusus, Bonus PS5

Toyota memberikan penawaran yang menarik dalam peluncuran mobil Toyota Yaris GR Sport GT7 Edition di Spanyol. Gratis konsol PlayStation 5.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022