Tak Punya Mesin, Bagaimana Perawatan Motor Listrik?

Komunitas pemilik motor listrik Viar Q1.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Tahun ini, pasar sepeda motor di Tanah Air resmi diramaikan dengan kehadiran motor listrik Viar, bernama Q1. Motor ini hadir dengan tenaga listrik, tanpa mesin konvensional dan tanpa pelumas. Wujudnya juga terbilang ringkas dengan bobot 78,5 kilogram.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Karena merupakan motor listrik, tentu motor ini tak menggendong sejumlah perlengkapan seperti halnya pada motor konvensional bermesin bensin. Maka itu motor ini kemudian diklaim minim perawatan.

Marketing Communication PT Triangle Motorindo (Viar), Franky Osmond mengatakan, Viar Q1 cukup efisien dalam hal perawatan karena tidak perlu ganti oli layaknya motor konvensional.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

"Untuk perawatan motor listrik ini sebenarnya sangat mudah karena motor ini tidak membutuhkan perawatan rutin seperti ganti oli dan servis mesin," katanya kepada VIVA.co.id.

Franky juga menjelaskan, kalau pun motor masuk bengkel, paling hanya sekadar mengganti ban atau kampas rem. "Kalau soal servis tidak perlu. Paling dikontrol untuk pergantian kampas rem dan ban luar," ujar Franky.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Memiliki aki 2 Kwh, motor ini membutuhkan pengecasan sekitar lima sampai tujuh jam. Viar Q1 juga dibekali cas input 220 volt yang mampu mengeluarkan power 50 Hz. Viar Q1 dijual dengan banderol Rp16,2 juta on the road Jabodetabek. (ren)

Suzuki Access

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Besar kemungkinan motor dari pabrikan asal Jepang tersebut akan memakai nama Suzuki e-Access, yang memiliki desain retro dan sudah dipasarkan versi bensinnya di India. ..

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024