Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 22 September 2017 | 14:13 WIB
  • Pemenang Bisa Langsung Bawa Pulang Mobil Lelang Sitaan KPK

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Pemenang Bisa Langsung Bawa Pulang Mobil Lelang Sitaan KPK
Photo :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati
Lelang mobil sitaan KPK di JCC Senayan.

VIVA.co.id – Ratusan orang berebut mendapatkan beberapa mobil hasil sitaan Komisi Pemberantasan Korupsi yang dilelang di Ruang Cendrawasih Gedung JCC, Senayan, Jakarta, Jumat 22 September 2017.

Kegiatan lelang mobil rampasan KPK diikuti oleh masyarakat umum secara transparan atau terbuka. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan mobil dengan harga sesuai dengan dana yang ada. Ketua penyelenggara balai lelang, Daddy Doxa mengatakan, peserta lelang diwajibkan menyetorkan sejumlah dana sebagai jaminan mengikuti lelang mobil rampasan seperti yang tercantum dalam situs resmi KPK.

"Kalau untuk mobil hasil rampasan, harus setor satu hari sebelumnya ke kas negara," kata Daddy di Gedung JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 22 September 2017.

Dia mengatakan, pemenang lelang bisa langsung mendapatkan mobil tersebut setelah melunasi pembayaran dengan batas waktu maksimal lima hari setelah ditetapkan sebagai pemenang. "Bila dia sudah memenuhi pelunasan dengan batas waktu lima hari, kalau dia sudah lunas sudah bisa diambil mobilnya," ujarnya menambahkan.

Dia mengatakan mobil tersebut bisa diambil langsung ke KPK atau ke Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan). Tergantung di mana lokasi mobil rampasan KPK itu diumumkan oleh pihak berwenang.

"Tergantung mobil ini open house di mana, kalau open house di KPK ya ambil di KPK, kalau di Rupbasan ambil di Rupbasan," kata dia.

Diketahui puluhan barang rampasan Komisi Pemberantasan Korupsi milik beberapa terpidana korupsi dilelang hari ini. Adapun jenis barang yang dilelang mulai dari telepon genggam, tas, sepeda motor hingga mobil dengan berbagai merek seperti Toyota Alphard 2.4 AT, Audi A5 2.0 TFSI, Honda CRV 2.4, Volkswagen Golf dan beberapa kendaraan lainnya.

Ketua Persatuan Balai Lelang Indonesia, Ali Vitali mengatakan setidaknya tercatat sudah ada 900 peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan lelang barang rampasan lembaga antirasuah tersebut.

"Sampai siang ini sudah ada kurang lebih 900 peserta yang mendaftar dalam kegiatan lelang ini. Dengan adanya barang rampasan KPK, bisa semarakkan acara lelang," kata Ali di Gedung JCC, Senayan, Jakarta.