Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 28 September 2017 | 11:20 WIB
  • Mitsubishi 'Bombardir' Pasar Mobil Keluarga

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Mitsubishi 'Bombardir' Pasar Mobil Keluarga
Photo :
  • VIVA.co.id/Rendra Saputra
Peresmian diler pertama Mitsubishi di Aceh, Rabu 27 September 2017.

VIVA.co.id – Kemunculan produk baru, Xpander, membuat Mitsubishi terus meramu berbagai cara untuk memperkokoh penjualan. Apalagi produk small MPV tersebut nampak mendapat perhatian tinggi oleh masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan agar resale value produknya terjaga, Mitsubishi kini getol mendirikan banyak diler.

Untuk memenuhi kebutuhan penguatan kuda-kuda pemasaran, Mitsubishi berencana terus menambah dilernya menjadi 115 hingga penghujung 2017. Saat ini pabrikan asal Jepang itu sudah memiliki 94 diler. Artinya masih ada 21 diler lagi yang hendak diresmikan Mitsubishi hingga akhir 2017. 

Sementara hingga akhir tahun fiskal 2018, Mitsubishi berencana menggenapkan diler mobil penumpangnya menjadi 140 diler. “Kalau bermain di segmen komersial kami di posisi kedua, dengan market share 27-28 persen. Kalau di mobil penumpang, kita belum kuat. Karena produk line up kita tidak sekuat kompetitor. Market share kita masih tiga persen,” kata Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro, di Aceh, Rabu 28 September 2017.

Maka itu diharapkan dengan hadirnya Xpander, Mitsubishi dapat menuai kesuksesan. Apalagi segmen yang diusung Xpander memiliki peminat yang besar, meski harus bertarung dengan sejumlah kompetitor yang sudah cukup kuat, seperti Avanza, Xenia, Mobilio, dan Ertiga.

“Kami percaya dengan introduce Xpander di segmen yang besar. Hasilnya positif, market share hampir 38 persen, dengan Xpander diharapkan ekspansi volume dan market besar. Kami bersyukur Xpander bisa diterima dengan baik oleh masyarakat,” kata Irwan.

Sumatera Menjanjikan 

Diler terbaru yang diresmikan Mitsubishi adalah di Aceh, dan itu merupakan kali pertama Mitsubishi menancapkan kuku bisnisnya di negeri Serambi Mekah untuk sektor bisnis mobil penumpang. Menurut Kepala Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Ilham Iranda, alasan Aceh turut dibidik dalam strategi pemasaran Mitsubishi, karena saat ini Aceh menjadi wilayah yang cukup menjanjikan, utamanya di segmen mobil penumpang.

Maka itu, lewat kerja sama dengan PT Arista Sukses Mandiri, pihaknya yakin diler tersebut dapat mendongkrak penjualan kendaraan penumpang di sana. Selama ini Aceh tercatat berkontribusi di bawah dua persen terhadap penjualan secara nasional.

"Kami tidak mau muluk-muluk untuk target di Aceh, dua persen saja sampai akhir 2017. Ini kan makin dekat (akhir tahun)," kata Ilham usai peresmian diler Mitsubishi ke-94, di Aceh, Rabu 27 September 2017.

Ilham menambahkan, selain Aceh, beberapa wilayah di Sumatera lainnya juga cukup seksi untuk dikembangkan. Apalagi geliat ekonomi terus menunjukkan ke arah positif. Atas hal itu pula membuat Mitsubishi kemudian mendirikan tiga diler dalam kurun waktu cukup dekat di Sumatera. Untuk diler wilayah Aceh saja, Mitsubishi melalui PT Arista Sukses Mandiri gelontorkan investasi sebesar Rp20 miliar.

"Kontributor Sumatera bagus, batu bara, sawit kan lagi pada naik. Kami melihat itu, bayangkan tiga diler kami resmikan dalam waktu dua bulan di Sumatera," katanya. (ren)