Air Radiator Nissan Juke Kok Tiba-tiba Meluap

Ilustrasi radiator coolant
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Sudah menjadi hal yang lumrah jika pengguna mobil menganggap AC dalam kabin tiba-tiba tak dingin. Biasanya itu disebabkan oleh evaporator yang kotor atau freon yang habis. Namun ada hal yang berbeda pada Nissan Juke ketika tiba-tiba AC tak dingin saat mobil berjalan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Hal tersebut dialami Oktavia, pemilik Juke RX 1.5 transmisi CVT lansiran 2011. Kata dia, tidak seperti biasanya AC mobilnya tak dingin, dan secara tiba-tiba temperatur mesin naik. Bahkan ada bau sangit yang masuk ke dalam kabin. 

Sesaat mobilnya mengalami kondisi demikian, dia coba membuka kap mesin, dan ternyata saat dilihat, dari tutup radiator keluar cairan. “Kayaknya bocor nih radiator, pantas mesin panas, AC enggak dingin,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Kamis, 28 September 2017.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dikonfirmasi terkait hal ini Danang, selaku servis advisor bengkel resmi Nissan di kawasan Kembangan, Jakarta Barat mengatakan, ada dua kemungkinan mengapa ada air --coolant-- yang keluar dari tutup radiator.

“Kalau tutupnya bocor itu karena bahan fiber dan bisa rapuh faktor usia, atau air radiator mampat karena kotoran jarang dikuras. Bisa juga kipas radiator mati, otomatis mesin panas, air radiator meluber dan bisa menimbulkan bau sangit, juga kalau coolant terkena panasnya mesin,” tuturnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Maka itu dia menyarankan, sebelum dibawa ke bengkel, coba lakukan pengecekan terlebih dahulu dengan mengisi air biasa ke radiator. Lalu nyalakan mesin dan AC. "Nah jika ada bunyi ‘tek’ lihat apakah kipas radiator berputar, kalau tidak berarti ekstra fan mati," kata dia.

“Kalau AC nyala bunyi 'tek' tapi kipas tidak jalan berarti kipasnya yang mati. Kalau bocor radiatornya kita biasa pompa dan pakai alat khusus (tanpa perlu mengganti komponen),” tuturnya.
 

Mobil Nissan Juke tertabrak KA di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara

Tabrakan Kereta Api dan Nissan Juke di Asahan, Seorang Dokter Tewas

Tabrakan maut antara kereta api dengan sebuah mobil, terjadi di perlintasan KA KM 02+800, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2023