Mobil Terbaik 2017 Versi Jurnalis Otomotif Indonesia

Honda CR-V Turbo dites di Bromo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – All New CR-V Turbo terpilih sebagai mobil terbaik tahun ini berdasarkan pilihan jurnalis otomotif yang tergabung dalam Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT). SUV andalan Honda ini terpilih sebagai FORWOT Car of the Year (FC) 2017.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Honda CR-V mengungguli beberapa pesaingnya, yakni Suzuki Ignis, Honda Civic Hatchback Turbo, BMW i8, dan Hyundai Tucson.

All New CR-V Turbo mendapatkan angka tertinggi 149 poin, dikuti Suzuki Ignis 136 poin, Honda Civic Hatchback Turbo 132 poin, BMW i8 125 poin, dan Hyundai Tucson 108 poin. Total poin tersebut berasal dari 26 juri dengan angka 650 poin.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo mengatakan, tahun ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year semakin seru. Hal ini terlihat dengan hadirnya satu mobil ramah lingkungan berbasis listrik yang masuk dalam lima besar.

"Ini membuktikan objektivitas para juri dalam menilai mobil yang terbaik dan sarat dengan teknologi terkini," kata Indra di Jakarta, Jumat, 29 September 2017.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

FORWOT Car of the Year (FCY) tahun ini diramaikan oleh 32 mobil baru yang diluncurkan di Indonesia selama medio Agustus 2016 hingga Juli 2017. Jumlah mobil baru ini meningkat dari peserta FORWOT Car of the Year 2016 yang hanya 28 produk mobil.

Penjurian FORWOT Car of The Year 2017 melalui tiga tahap, yakni pertama menjaring 32 model baru yang meluncur dari periode Agustus 2016 - Juli 2017. Setelah itu, panel juri melakukan pemilihan dan menghasilkan lima finalis. Tahap terakhir adalah voting terhadap lima finalis. Tiap juri akan diberikan 25 poin yang didistribusikan pada finalis.

Kriteria penjurian agenda tahunan Forwot Car of The Year antara lain design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental requirement, Driver Satisfaction, dan Price.

Sebagai catatan, FORWOT Car of The Year mengacu pada ‘Car of the Year’ dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun disesuaikan dengan pasar otomotif Indonesia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya