Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 2 Oktober 2017 | 09:19 WIB
  • Toyota Yakin Avanza Masih Lebih Baik dari Xpander

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Toyota Yakin Avanza Masih Lebih Baik dari Xpander
Photo :
  • Dok
Toyota Avanza.

VIVA.co.id – Makin sengitnya persaingan pasar mobil di segmen low multi purpose vehicle di Tanah Air ternyata tak membuat Toyota kecil hati. Sebab, sejauh ini produk andalannya Avanza masih mencatatkan penjualan cukup memuaskan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, penjualan Toyota Avanza selama delapan bulan pertama 2017 (Januari – Agustus) sudah menembus angka 81.927 unit, atau rata-rata per bulan 10.241 unit  dengan pangsa pasar 51,4 persen di segmen MPV.

Jadi meski hadir produk baru di kelas yang sama seperti Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, Avanza masih tetap bertahan dengan pertumbuhan market share 12,2 persen. Hal tersebut ditegaskan Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) di Bandung, Jawa Barat.

"Avanza so far saya rasa masih lebih baik untuk kelas low end. Saya masih yakin dengan Avanza. Strategi khusus untuk menghadapi Xpander dan Wuling tidak ada, kita berjalan saja seperti biasa. Persaingan dan inovasi itu wajar, tapi saya yakin Avanza masih menarik di masyarakat Indonesia," ujarnya.

Sementara itu menurut Henry Tanoto, Vice President Director TAM, untuk memaksimal potensi Avanza di masyarakat, pihaknya tak memiliki strategi khusus, karena dirinya yakin Avanza masih akan jadi mobil yang dibutuhkan konsumen di Indonesia meski banyak produk-produk baru.

"Avanza itu kan mobil sejuta umat, terutama kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah percaya sampai sejauh ini. Kami yakin sampai saat ini Avanza masih bisa memberikan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat terhadap suatu kendaraan. Intinya kami dari Toyota akan terus memberi pelayanan dan produk-produk terbaik," ujarnya. (mus)