Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 2 Oktober 2017 | 11:12 WIB
  • Honda Tertarik Bikin Mobil Lebih Murah dari Brio?

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Honda Tertarik Bikin Mobil Lebih Murah dari Brio?
Photo :
  • Shifting-gears
Rendering Honda Brio terbaru. Ilustrasi

VIVA.co.id – Di beberapa negara ada mobil hatchback yang dijual dengan harga murah. Seperti di India, dan Indonesia, di mana Renault menawarkan produk bernama Kwid. Apabila di India dijual dengan harga di bawah Rp60 juta, di Indonesia Kwid dijual dengan harga Rp117 juta.

Meski di Indonesia penjualannya tak mendapat perhatian, namun di negara produksinya, India, Kwid laris manis dan mendulang penjualan cukup signifikan. Terkait hal ini, salah satu produsen mobil asal Jepang, Honda menegaskan tak ingin mencoba menghadirkan produk untuk bersaing dengan Kwid. Honda mengaku sudah cukup puas dengan produk Brio di segmen mobil entry-level.

Hal itu ditegaskan Chief Excutive Officer Honda Cars India, Yoichiro Ueno. Kata dia, Honda tidak akan meluncurkan produk baru di bawah Honda Brio untuk menandingi Renault Kwid. "Brio bakal tetap menjadi mobil entry-level kami, bahkan ketika norma-norma emisi BS-VI mulai berlaku --pada tahun 2020," katanya, seperti dilansir Indianautosblog, Senin 2 Oktober 2017.

Honda mengaku hingga kini akan selalu mempertahankan status merek premium. Untuk kelas entry-level, Brio sudah dianggap lebih dari cukup untuk menyaingi hatchback B-Segmen seperti Suzuki Swift, Ford Figo, dan Hyundai Grand i10.

Diketahui, Honda saat ini memang sedang menggarap Brio generasi berikutnya, yang kabarnya merupakan model global dan tidak hanya dijual untuk negara-negara Asia saja. Mobil itu berkode 2UA, dan diperkirakan akan diungkap pada tahun depan. Honda India akan memiliki peran utama dalam pengembangan seri Brio generasi berikutnya. (hd)