Mirip iPhone 8, Mobil BMW Bisa Dicas Tanpa Kabel

Cas nirkabel rancangan BMW.
Sumber :
  • BMWBlog

VIVA.co.id – Perkembangan teknologi memungkinkan manusia untuk melakukan banyak hal tanpa perlu upaya besar. Salah satu contohnya adalah sistem pengecasan baterai secara nirkabel.

Parkir Mobil BMW Ini Bikin Orang Jengkel Hingga Telat Jalan Kerja

Teknologi yang diberi nama Qi Charging ini marak diaplikasikan pada smartphone keluaran terbaru, termasuk iPhone 8.

Ponsel besutan Apple itu bisa diisi ulang baterainya tanpa perlu mencolokkan kabel, cukup letakkan di tatakan khusus. Baterai akan terisi melalui gelombang elektromagnet yang mengandung arus listrik.

Mobil BMW Tabrak 4 Motor di Cisarua, 6 Orang Luka-Luka

Dilansir dari Motoroids, Selasa, 3 Oktober 2017, hal itu pula yang coba dilakukan BMW pada salah satu mobil andalan mereka, Seri 5.

BMW 530e Performance yang mengusung mesin hibrida itu dibekali dengan teknologi pengecasan nirkabel untuk memudahkan pemilik saat hendak mengisi ulang daya baterai.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Mobil cukup diparkir di tempat khusus yang telah diletakkan alat cas nirkabel. Indikator pada panel instrumen akan menunjukkan jika mobil tepat berada di atas alat tersebut dan mulai melakukan pengisian.

Butuh waktu kurang lebih 3,5 untuk mengisi ulang baterai mobil yang memiliki daya 9,4 Kilo Watt hours. Alat tersebut dicolokan ke listrik rumah dengan tegangan 220 Volt.

Meski mengusung mesin hibrida, namun mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 248 daya kuda. Kecepatan maksimal yang dapat ditempuh yakni sekitar 200 kilometer per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya