Jurus Xenia Hadapi Wuling yang Mulai Mengancam

All New Xenia Attivo
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id – Persaingan industri otomotif semakin panas tahun ini. Persaingan sengit diprediksi terjadi di segmen Low Multi Purpose Vehicle atau mobil keluarga versi terendah. Sebab industri otomotif dalam negeri baru saja kedatangan pemain baru dari Tiongkok, yakni PT SAIC General Motor Wuling. Tahun ini, mereka telah memperkenalkan mobil keluarga yang menjadi segmen favorit masyarakat Indonesia.

Harga Daihatsu Xenia Baru per Januari 2022, Termurah Rp212,2 Juta

Harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif, yakni mulai Rp130 juta hingga Rp160 juta. Meski demikian, Daihatsu mengaku tak gentar menghadapi pesaing dari negeri Tirai Bambu tersebut.

"Orang beli mobil itu bukan hanya karena harganya saja yang murah. Rata-rata pembeli di segmen ini adalah first buyer, sehingga mencari lebih murah," kata Marketing and Customer Relation Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso di Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2017.

Penjualan Daihatsu Xenia Naik 2 Kali Lipat di November 2021

Selain harga, Hendrayadi menjelaskan faktor penting lain yang dipikirkan konsumen di segmen ini ialah resale value. Dan hal tersebut belum terbukti untuk mobil Wuling sebagai pemain baru.

"Memang secara harga, Wuling di bawah dan harusnya head to head. Hanya saja segmen Low MPV itu kan biasanya first buyer, jadi yang terpenting buat mereka bukan hanya harga, tapi juga resale value. Jadi sementara ini belum terbukti resale value-nya (Wuling)," ujarnya.

Daftar Mobil Keluarga Murah Meriah di Akhir Tahun
Daihatsu All New Xenia.

Penjualan Mobil Ini Naik 300 Persen di Indonesia

Urutan mobil terlaris dari pabrikan asal Jepang itu mengalami perubahan, jika dibandingkan bulan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022