Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 4 Oktober 2017 | 09:25 WIB
  • Setengah Pembeli Xpander Baru Terima Mobil Tahun Depan

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Setengah Pembeli Xpander Baru Terima Mobil Tahun Depan
Photo :
  • instagram
Serah terima Mitsubishi Xpander ke konsumen

VIVA.co.id – Mobil keluarga baru buatan Mitsubishi, Xpander, mulai didistribusikan ke konsumen. Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Kyoya Kondo, mengatakan, dalam melakukan pengiriman Xpander, pihaknya menerapkan sistem first come first serve.

"Kami mengadopsi first come fisrt serve delivered. Oktober mulai pengiriman, dan diupayakan pada akhir tahun para konsumen bisa mulai menerima Xpander," kata Kondo di Cikarang, Jawa Barat.

Hingga saat ini, Xpander sudah mencatat angka surat pemesanan kendaraan (SPK) lebih dari 23 ribu unit di seluruh Indonesia. Padahal, mobil ini baru meluncur resmi pada Agustus lalu, tepatnya di pameran otomotif GIIAS 2017.

Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation, Trevor Mann, mengatakan, banyaknya pesanan Xpander membuat pihaknya harus menggenjot produksi.

"Untuk merespons jumlah permintaan konsumen yang signifikan terhadap Xpander, kami menerapkan shift kedua di pabrik ini lebih cepat," kata Mann.

Takao mengatakan, pabrik baru Mitsubishi di Cikarang bisa memproduksi hingga 80 ribu unit mobil Xpander dalam setahun.

Jumlah tersebut bukan hanya untuk memenuhi permintaan yang membludak di pasar lokal, tapi juga untuk pasar ekspor Asia Tenggara, seperti Filipina dan Thailand. Komposisinya, 60 ribu unit untuk pasar domestik, sementara sisanya dipakai memenuhi ekspor.

"Produksi bisa 80 ribu unit per tahun. Di awal mungkin bakal sulit untuk mencapai angka tersebut. Di akhir Desember ditargetkan 12 ribu unit Xpander terlebih dahulu," kata dia.

Artinya, ada setengah dari konsumen yang sudah melakukan pemesanan harus menunggu hingga tahun depan untuk bisa mendapatkan unit yang mereka beli. (one)