Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 5 Oktober 2017 | 09:47 WIB
  • Jas Hujan Kelelawar Berbahaya, Jangan Dipakai

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Dian Tami
Jas Hujan Kelelawar Berbahaya, Jangan Dipakai
Photo :
  • Bukalapak
Jas hujan ponco.

VIVA.co.id – Musim hujan yang sudah di depan mata, membuat pengendara sepeda motor wajib membekali diri dengan pakaian khusus yang dapat melindungi mereka dari guyuran air hujan. Untuk itu, jas hujan tentu penting untuk dimiliki bagi para pengendara sepeda motor. Terlebih padatnya aktivitas masyarakat di kota-kota besar.

Saat ini terdapat berbagai jenis jas hujan, mulai dari model setelan atas-bawah, sampai jas hujan terusan yang dapat digunakan oleh pengendara dan orang yang di belakangnya atau model kelelawar alias ponco. Lalu jas hujan seperti apa yang aman untuk pengendara sepeda motor?

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Pulubuhu mengatakan, jas hujan yang aman untuk pengendara sepeda motor adalah jas hujan yang tidak mengganggu pengendara saat memacu kendaraannya.

"Memang jas hujan yang ideal itu tidak menghambat gerak pengendara. Jas hujan yang terdiri dari bagian celana dan bagian jaket bisa merupakan pilihan yang tepat,” kata Jusri saat dihubungi VIVA.co.id.

Selain itu, Jusri juga mengimbau seluruh pengendara sepeda motor untuk memilih warna terang agar dapat terlihat saat hujan deras. Hal ini untuk menghindari adanya kecelakaan karena jarak pandang saat hujan.

“Upayakan jas hujan yang digunakan memiliki warna cerah. Kalaupun menggunakan warna hitam, pastikan jas hujan ada scotlight. Jangan gunakan jas hujan terusan, karena bisa tersangkut pada ban motor yang berputar, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan." (mus)