Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 5 Oktober 2017 | 16:50 WIB
  • Kia Jual yang Standar Saja Susah, Apalagi Sedan Sport

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Kia Jual yang Standar Saja Susah, Apalagi Sedan Sport
Photo :
  • Kia
Kia Stinger

VIVA.co.id – Sepak terjang Kia Mobil Indonesia memang terbilang biasa-biasa saja. Agen tunggal pemegang merek mobil Kia di Indonesia ini tampak sulit mengimbangi pamor pabrikan Jepang seperti Toyota, Honda, hingga Suzuki.

Tampaknya kondisi ini yang membuat KMI masih ragu untuk memboyong kendaraan premium ke tanah air, salah satunya sedan mewah Stinger yang di negara asalnya, Korea Selatan, diadu dengan BMW M4 dan Audi A4.

Senior Instructur & Product Development Kia mobil Indonesia Tonny Saptono mengatakan, sedan tersebut sebenarnya telah dijual di beberapa negara sejak peluncuran secara global pada 2016 lalu. Namun untuk masuk Indonesia rupanya masih dirasa sulit.

“Untuk membawa masuk mobil premium, kita harus lepasin dulu di kepala konsumen Kia bahwa kendaraan ini mahal, kan susah. Di sana mesinnya (Stinger) ada 2.000cc twin turbo, ada lagi 3.300 twin turbo. Kalau masuk sini dengan konsep seperti itu ketemunya kan M4 BMW,” kata Tonny di Ancol, Jakarta Utara, Kamis  5 Oktober 2017.

Sementara menurut Harry Yanto, GM Business Development KMI, pertanyaan sebelum membawa Stinger ke Tanah Air harus dilihat dahulu sampai level harga yang ditawarkan KIA harus bisa diterima customer.

“Stinger juga begitu, kita sih maunya masukin. Kita hitung harganya, apakah harga ini bisa diterima atau tidak, jadi sekarang kita sedang studi itu. Yang jelas, pajaknya sedan lebih tinggi MPV jadi kemungkinan harganya Rp1 miliar lebih,” kata Harry.

Seperti diketahui, sedan sport ini hadir dalam dua pilihan mesin yakni 2.000cc turbocharger yang dapat menyemburkan tenaga 365 daya kuda dan mesin V6 berkapasitas 3.300 cc yang menjadi opsional. Untuk transmisi otomatisnya sudah delapan percepatan, serta pilihan penggerak roda belakang dan all whell drive.

“Kita sih mau masukin, saya sudah rasain mobilnya di Korea Selatan, bagus kok. Handlingnya enak tarikannya enak sempurna deh. Karena yang namanya mobil sport tidak boleh kedap suara, engine masih masuk ke dalam kabin biar terasa bukan kaya luxury, jadi suara mesin harus  terdengar. Sudah Euro 6, ada tiga pilihan mesin 2.000 diesel, 2.200cc diesel, dan 3.300cc trubo bensin,” katanya. (hd)