Alasan Kia Belum Percaya Indonesia Jadi Basis Produksi

New Kia Picanto
Sumber :
  • Paultan

VIVA.co.id – Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Kia, rupanya cara untuk menjaga kualitas produknya. Demi menjaga kualitas, mobil-mobil yang dipasarkan termasuk di Indonesia didatangkan secara utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Korea.

Jangan Kaget, Bakal Ada yang Baru di Jajaran Produk Kia Mobil

Bahkan untuk sekedar perakitan atau Completely Knock Down (CKD) saja, Kia tetap tak percaya di lakukan di negara tujuan, termasuk di Indonesia. Hal itu juga dibenarkan Tonny Saptono, Senior Instructur & Product Development KMI.

Ia mengatakan, untuk menjadi mobil dunia Kia akhirnya harus CBU asli. Kata dia, karena untuk menjaga kualitas dunia, Indonesia juga tidak boleh lagi bicara CKD, meski sempat terlihat beberapa tipe yang di CKD seperti Carens.

Kia Mobil Luncurkan Carnival Atap Tinggi, Gak Kalah Mewah

"Kenapa di sini CBU asli karena banyak merek lain juga CBU bahkan bukan asli, kenapa Kia melakukan kebijakan seperti ini, ya itu untuk menjaga kualitasnya di 172 negara agar sama," ujarnya di Segarra Ancol, Jakarta Utara.

Bukan hanya itu, alasan lainnya karena sudah ada investasi besar-besaran di pabrik pusat yang berada di Korea. Lanjut dia, investasi besar-besaran ini lah yang menjadikan pabrik di Korea menggunakan robot sampai 80 persen yang dianggap masih cukup untuk memenuhi pasar global.

Ini Alasan Kia Sonet yang Dijual di RI Gak Ada Mesin Dieselnya
Tampilan belakang Kia Sonet

Beli Mobil Kia Sonet, Antrinya Sampai Bulan April 2021

Pembeli mobil Kia Sonet di Indonesia, harus sabar untuk bisa mendapat unit kendaraan yang sudah dipesannya.

img_title
VIVA.co.id
1 Februari 2021