Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 6 Oktober 2017 | 14:51 WIB
  • Merasakan Teknologi Bagasi Kia Sedona dan Sportage Terbaru

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Merasakan Teknologi Bagasi Kia Sedona dan Sportage Terbaru
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo
Mencoba fitur buka bagasi otomatis Kia Sportage

VIVA.co.id – Jika melihat mobil Sport Utility Vehicle Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW rata-rata memiliki teknologi buka bagasi otomatis. Bagasi mobil ini bisa dibuka hanya menggunakan ayunan kaki saja. 

Ya, kaki pemilik mobil hanya perlu mengarah ke kolong mobil bagian belakang, nantinya secara otomatis bagasi itu akan terbuka. Cara ini dilakukan guna mempermudah pemilik mobil saat kedua tanggannya sibuk membawa barang bawaan. 

Nah, Kia pun menerapkan teknologi demikian pada dua produk terbarunya, Sportage dan Sedona. Tapi, cara membuka bagasinya tidak menggunakan kaki, jadi sedikit berbeda.

VIVA.co.id mempraktekkan kecanggihan pembuka otomatis bagasi kedua mobil Korea ini. Tidak perlu lagi mencari kunci mobil atau pegangan bagasi, Anda hanya perlu berdiri selama 3-5 detik saja di belakang mobil atau bagasi.

Jika cara itu sudah dilakukan, nanti akan ada suara seperti alarm tiga kali berbunyi, 'beep' dan dengan otomatisnya bagasi akan terbuka tanpa perlu menggerakkan kaki ke kolong. Tapi, syarat utamanya kunci smart key Sedona dan Sportage harus berada di kantong Anda dan sensor ini akan membaca jarak paling jauh sekitar 50 sentimeter, antara bagasi mobil dan kunci.

GM Business Development Kia Indonesia Harry Yanto mengatakan, biasanya orang ngerogoh kunci terlebih dulu dan mereka perlu menekan tombol di kunci atau di bagasi untuk membuka. Kalau di Sedona dan Sportage enggak perlu, jadi hanya mendekatkan smart key ke mobil.

"Nanti ada bunyi 'beep' tiga kali. Jadi sensor pada mobil akan membaca bahwa ada kunci yang mendekati pintu belakang," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, pintu bagasi juga bisa di-setting lebar bukaannya. "Ini mencegah ruang yang sempit," ujarnya.