Merasakan Teknologi Bagasi Kia Sedona dan Sportage Terbaru

Mencoba fitur buka bagasi otomatis Kia Sportage
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Jika melihat mobil Sport Utility Vehicle Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW rata-rata memiliki teknologi buka bagasi otomatis. Bagasi mobil ini bisa dibuka hanya menggunakan ayunan kaki saja. 

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Ya, kaki pemilik mobil hanya perlu mengarah ke kolong mobil bagian belakang, nantinya secara otomatis bagasi itu akan terbuka. Cara ini dilakukan guna mempermudah pemilik mobil saat kedua tanggannya sibuk membawa barang bawaan. 

Nah, Kia pun menerapkan teknologi demikian pada dua produk terbarunya, Sportage dan Sedona. Tapi, cara membuka bagasinya tidak menggunakan kaki, jadi sedikit berbeda.

Beli Mobil Kia Sonet, Antrinya Sampai Bulan April 2021

VIVA.co.id mempraktekkan kecanggihan pembuka otomatis bagasi kedua mobil Korea ini. Tidak perlu lagi mencari kunci mobil atau pegangan bagasi, Anda hanya perlu berdiri selama 3-5 detik saja di belakang mobil atau bagasi.

Jika cara itu sudah dilakukan, nanti akan ada suara seperti alarm tiga kali berbunyi, 'beep' dan dengan otomatisnya bagasi akan terbuka tanpa perlu menggerakkan kaki ke kolong. Tapi, syarat utamanya kunci smart key Sedona dan Sportage harus berada di kantong Anda dan sensor ini akan membaca jarak paling jauh sekitar 50 sentimeter, antara bagasi mobil dan kunci.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

GM Business Development Kia Indonesia Harry Yanto mengatakan, biasanya orang ngerogoh kunci terlebih dulu dan mereka perlu menekan tombol di kunci atau di bagasi untuk membuka. Kalau di Sedona dan Sportage enggak perlu, jadi hanya mendekatkan smart key ke mobil.

"Nanti ada bunyi 'beep' tiga kali. Jadi sensor pada mobil akan membaca bahwa ada kunci yang mendekati pintu belakang," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, pintu bagasi juga bisa di-setting lebar bukaannya. "Ini mencegah ruang yang sempit," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya