Xpander Sukses 'Kacaukan' Penjualan Avanza-Xenia Bekas

Penjualan mobil bekas di MGK Kemayoran. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Baru-baru ini, pasar otomotif di Tanah Air kedatangan pendatang baru dari segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV), Xpander. Mobil keluarga tujuh penumpang itu dipasarkan dengan harga mulai dari Rp189 jutaan hingga Rp245 jutaan.

Ini Mobil Bekas yang Banyak Dicari Usai Lebaran

Harga itu rupanya membuat pasar mobil bekas para pesaing Xpander merosot termasuk Avanza-Xenia.

Menurut Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih penurunan penjualan kedua mobil tersebut telah terjadi sejak hadirnya beberapa kompetitor baru di segmen low MPV.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

"Sebelum ada Xpander, penurunan penjualan juga sudah terjadi waktu Honda mengeluarkan Mobilio. Sekarang penurunan dialami juga oleh Honda, karena Mobilio digunakan untuk taksi," katanya kepada VIVA.co.id, Senin 9 Oktober 2017.

Saat disinggung penurunan harga yang dialami Avanza-Xenia, Herjanto mengatakan, saat ini banderol kedua mobil milik perusahaan asal Jepang tersebut bisa turun hingga 20 persen. Biasanya, penurunan hanya 10 persen.

Harga Avanza Baru dan Xpander Sebelum Diskon PPnBM Berakhir

"Penurunan harga bisa mencapai 20 persen dari harga barunya (Avanza-Xenia). Tetapi, tetap saja kalau harga tergantung lagi dari kilometer dan kondisi mobilnya. Cuma memang, Avanza dan Xenia terkena dampak sekali (peluncuran Xpander)," katanya.

Meski masih diminati, Avanza-Xenia saat ini lebih banyak diburu untuk digunakan sebagai taksi online. "Ketolong taksi online. Banyak taksi online masih menggunakan Avanza dan Xenia," kata Herjanto.

Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.

Segini Harga Mobil Bekas Toyota Veloz Terbaru

Toyota Veloz belum lama ini mendapat pembaruan yang cukup banyak, mulai dari eksterior hingga interior.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2022