Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 10:06 WIB
  • Ini Mobil Antipeluru yang Ditawarkan BMW untuk Jokowi

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Ini Mobil Antipeluru yang Ditawarkan BMW untuk Jokowi
Photo :
  • Youtube
BMW seri 7.

VIVA.co.id – Selama ini mobil dinas Kepresidenan Republik Indonesia selalu menggunakan jenama Mercedes-Benz. Ini sudah dilakukan sejak zaman Presiden Soeharto hingga Joko Widodo.

Mobil itu sarat kemewahan, nyaman, memiliki kecepatan tinggi. Selain itu mobil itu juga dilengkapi dengan tingkat keamanan mumpuni. Artinya, mobil dinas yang digunakan Jokowi memiliki kemampuan anti-peluru sebagai perlindungan standar.

Mobil itu juga tahan akan serangan senjata standar, granat tangan, hingga bahan peledak ringan. Mobil tersebut yakni Mercedes-Benz S600 Pulman Guard.

Meski merek Mercedes-Benz sudah digunakan sejak era Presiden Soeharto, namun rupanya BMW kepincut agar mobilnya juga digunakan sebagai mobil dinas Kepresidenan Republik Indonesia. Menurut Jodie O'tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, pihaknya sudah melakukan penawaran kepada Sekretariat Negara.

BMW seri 7.

"Produknya sudah ada, yaitu Seri-7. Model itu sudah sangat memenuhi tingkat keamanan yang dibutuhkan oleh petinggi negara. Kita sudah pasti berikan model dan spesifikasi yang paling tinggi," kata Jodie di Jakarta.

Mobil itu dikatakan Jodie sudah dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi. Selain itu juga dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan seorang kepala negara, seperti antipeluru dan lain sebagainya.

Meski demikian, semua tentu dikembalikan ke Pemerintah Indonesia, apakah bersedia menggunakan mobil tersebut. Mengingat segala proses pengajuan telah dilakukan oleh BMW. 

Mobil dinas presiden Republik Indonesia diketahui cukup beragam. Presiden pertama Sukarno memilih Buick-8 sebagai salah satu kendaraan dinasnya. Sementara Presiden Soeharto memilih mobil besutan Jerman, Mercedes Benz 500 SEL untuk menemani aktivitasnya.

Sedangkan di zaman Presiden B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid (Gusdur), Megawati Soekarnoputri, hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih Mercedes Benz S600. Kiprah Mercedes-Benz sebagai kendaraan Presiden Republik Indonesia terus berlanjut hingga saat ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard sebagai kendaraan dinasnya. (hd)