Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 09:50 WIB
  • Masuk RI Lagi, Ford Akui Banyak Konsumen yang Sakit Hati

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Masuk RI Lagi, Ford Akui Banyak Konsumen yang Sakit Hati
Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Ford New Fiesta di IIMS 2013.

VIVA.co.id – Awal 2016 lalu, produsen mobil Ford lewat agen resminya Ford Motor Indonesia memutuskan untuk menghentikan penjualannya di Tanah Air. Keputusan ini dilakukan secara mendadak dan hanya melalui pernyataan di situs resminya.

Saat itu, banyak konsumen baik pembeli baru maupun yang sudah memiliki mobil Ford merasa kebingungan akan nasib mobil mereka ke depan. Hingga pada November 2016, RMA Group mendapat amanat untuk melayani servis dan suku cadang mobil Ford.

"Bicara soal konsumen mobil Ford, memang banyak yang sakit hati lantaran Ford tiba-tiba menghentikan penjualan. Bahkan saat kami, RMA Group ditunjuk untuk menjalankan layanan purnajual pun, rasa skeptis orang kepada kami tinggi sekali," kata Senior Manager Marketing & Sales RMA Indonesia, Yanto Mardianto kepada VIVA.co.id.

Dikatakan Yanto, tak mudah untuk meyakini konsumen mobil merek Amerika Serikat tersebut bahwa layanan purnajualnya tetap aman. "Waktu itu langkah pertama kami terus memperkenalkan diri. Kami roadshow ke diler-diler di seluruh Indonesia, perkenalan juga ke customer, presentasi siapa kami dan komitmen yang dimiliki, kemudian bikin gathering juga untuk diler," ujar Yanto.

Baca juga: Ford Mau Balik Lagi ke RI, Tapi Dilernya Banyak Jual Wuling

Guna lebih meyakinkan konsumen, dikatakan Yanto, RMA Group juga mendirikan posko mudik seperti yang biasa dilakukan agen pemegang merek mobil lainnya. Dari sana, perlahan-lahan konsumen mulai meningkat rasa percaya diri untuk tetap menggunakan mobil Ford.

"Waktu itu kami bikin posko di Nagreg, Cipali, Merak, sama Puncak. Bengkel siaga kami buka mulai dari Sumatera, Jawa sampai Bali. Alhamdulillah setelah itu jalan, kami juga buka komunikasi lebar dengan komunitas, kami support kegiatan, kasih update soal produk Ford, kemudian coaching untuk mobil Ford saat di jalan, dan responsnya bagus," ujarnya.

Kini, RMA Group memiliki rencana besar untuk kembali menjual mobil Ford di Tanah Air pada tahun 2018. Model mobil yang akan dijual kembali pun dijanjikan sebagai produk yang dinanti oleh konsumen, seperti pikap kabin ganda Ford Ranger, compact sport utility vehicle EcoSport, dan mobil hatchback Fiesta.

Baca juga: Ford Kembali Masuk Indonesia