Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 17 Oktober 2017 | 01:00 WIB
  • Wuling Mencundangi 3 Merek Mobil Tenar di Indonesia

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Wuling Mencundangi 3 Merek Mobil Tenar di Indonesia
Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Mali
Diler Wuling

VIVA.co.id – Wuling Motors di Indonesia memang baru seumur jagung. Namun, sepak terjangnya ternyata tidak bisa dianggap remeh.

Pabrikan mobil asal China yang memiliki pabrik di Cikarang, Jawa Barat itu tidak tanggung-tanggung terjun di pasar otomotif nasional. Berbekal hanya lima model mobil, Wuling sukses menumbangkan beberapa merek mobil terkenal yang sudah lebih lama makan asam garam di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Wuling mulai menjual mobil keluarga mereka yang diberi nama Confero pada Juli 2017.

Kala itu, jumlah unit yang didistribusikan secara wholesales atau pabrik ke diler hanya 31 unit. Bulan berikutnya, angkanya berubah menjadi 790 unit.

Pada September 2017, lima model Confero sukses dikirim sebanyak 1.391 unit. Angka ini sedikit lebih besar dari penjualan mobil keluarga terbaru milik Mitsubishi yang membuat heboh jagat otomotif dunia, Xpander.

Dikirim ke diler mulai September, distribusi Xpander hanya tercatat sebanyak 1.096 unit. Namun, angka ini akan jauh bertambah seiring dengan maksimalnya pabrik baru Mitsubishi bekerja memproduksi unit.

Selain Mitsubishi, angka distribusi Wuling juga lebih baik dari dua merek mobil lainnya yang juga berasal dari Jepang seperti Mitsubishi, yakni Nissan dan Datsun.

Sepanjang September 2017, total distribusi semua model mobil Nissan hanya sebanyak 1.025 unit. Padahal, Nissan Indonesia memiliki lebih dari 30 varian mobil.

Produsen mobil lain yang juga dikalahkan Wuling adalah anak perusahaan Nissan, yaitu Datsun. Selama bulan kesembilan tahun ini, Datsun hanya mengirim 903 unit. Saat ini, Datsun memiliki lima model untuk dipasarkan. (ase)