Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 17 Oktober 2017 | 10:46 WIB
  • Perang Mobil SUV: BR-V Jadi Juara, Chevrolet 'Sikut' Suzuki

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Perang Mobil SUV: BR-V Jadi Juara, Chevrolet 'Sikut' Suzuki
Photo :
  • Krisna Wicaksono/VIVA.co.id
Honda BR-V.

VIVA.co.id – Penjualan mobil secara nasional pada September 2017 mengalami penurunan sekitar 9,8 persen dari bulan sebelumnya. Jika pada Agustus ada 97 ribuan kendaraan yang terjual, pada bulan selanjutnya angkanya turun menjadi 87 ribuan unit.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, kelas low sport utility vehicle atau SUV menyumbang 8,2 persen dari penjualan mobil secara nasional di bulan kesembilan tahun ini.

Jika pada Agustus low SUV terlaris dipegang oleh Honda HR-V, kali ini pemenangnya adalah Honda BR-V. Hal ini cukup mengagetkan, mengingat tahun ini HR-V belum pernah terkalahkan hingga bulan kedelapan.

Yang lebih mengejutkan lagi, BR-V baru saja terpuruk penjualannya. Pada Agustus, mobil berkapasitas tujuh penumpang ini hanya laku satu unit. Tiba-tiba di bulan selanjutnya, penjualannya naik menjadi 2.471 unit.

Sementara itu, HR-V harus puas berada di peringkat kedua dengan angka penjualan 2.441 unit. Toyota Rush yang kerap bersaing dengan BR-V ada di posisi ketiga dengan 1.441 unit.

Beberapa mobil lainnya gagal mencapai angka penjualan 1.000 unit per bulan. Daihatsu Terios hanya laku 506 unit, sedangkan Suzuki SX4 S-Cross 129 unit.

Chevrolet harus berbangga hati, sebab untuk pertama kalinya bisa mengalahkan penjualan Suzuki. Mobil Trax andalan mereka laku 173 unit pada September.

Dua posisi terbawah ditempati Mazda CX-3 dengan 67 unit dan Nissan Juke dengan 26 unit. (art)